Jakarta (ANTARA) - Aktor Korea Selatan, Song Kang yang belakangan dikenal melalui perannya sebagai tokoh Cha Hyun-soo dalam serial "Sweet Home" mengungkapkan secara terang-terangan audisi yang harus dia jalani hingga upayanya memerankan karakter si pemuda penyendiri itu.

Dia mengatakan, sutradara drama "Love Alarm" (yang pernah bekerja sama dengannya dalam drama tersebut) meminta sutradara "Sweet Home" Lee Eung-bok mengikutsertakan Song Kang dalam audisi.

Baca juga: Ini dia lima monster di serial "Sweet Home"

"Dalam setiap audisi, aku mencoba menunjukkan kepribadianku yang sebenarnya. Aku pikir setiap orang memiliki daya tarik yang unik, jadi aku harus memilikinya juga. Aku pikir sutradara Lee Eung-bok merasa aku seperti Hyun-soo selama audisi dan memutuskan untuk memilihku," kata dia dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari The Korean Herald, Sabtu.

Song Kang mengaku awalnya tak tahu serial ini tergolong proyek besar. Sebelumnya, dia bahkan sudah merasakan tekanan besar memerankan tokoh Hyun-soo, seorang pemuda introvert yang tinggal di sebuah apartemen dengan banyak monster penuh hasrat.

"Aku sangat tertekan dan merasa banyak tanggung jawab. Bahkan saat syuting, aku ragu 'Apakah karakter yang aku bangun sampai sekarang benar?' Aku paling sering berkomunikasi dengan sutradara saat merasakannya. Aku juga banyak menulis di buku harian dan membaca apa yang kutulis sebelumnya untuk mengatasi tekanan dan keraguan itu," kata dia.

Kebiasaan menulis buku harian itulah yang membantu dia mengatasi masa tersulit dalam kariernya, termasuk saat gagal di dalam berbagai audisi.

Khusus untuk mendalami peran sebagai Hyun-soo, dia mencoba menemukan sisi dirinya yang paling gelap dan paling tertutup.

"Aku mencoba membayangkan seperti apa Hyun-soo dalam kehidupan nyata, merenungkan bagaimana menunjukkan diriku sebagai seorang penyendiri, introvert. Aku membayangkan ekspresi wajah seseorang yang tidak memiliki keinginan untuk hidup dan sedang menunggu kematian," tutur Song Kang.

"Ada hari-hari ketika aku berbaring dengan lampu dimatikan sepanjang hari dan sebelum pergi ke lokasi syuting, aku berpikir tentang Hyun-soo yang berjongkok di kegelapan sendirian. Aku mencoba untuk menganggap diriku sebagai Hyun-soo yang sendirian dan merenungkan kematian," imbuh dia.

Untuk memvisualisasikan monster yang dibuat menggunakan efek khusus, dia memikirkan monster dalam film "Constantine" (2005).

Melalui "Sweet Home," Song Kang berharap akan diingat sebagai seseorang yang mampu menunjukkan emosi apa adanya.

"Aku berharap orang-orang merasa Hyun-soo adalah Song Kang dan Song Kang adalah Hyun-soo. Itu akan membuatku gembira," kata dia.

Terkait serial yang meraih popularitas di lebih dari 10 negara dan dirumorkan akan dibuat musim kedua, apa komentar Song Kang?

"Aku mendengar bahwa jika drama diterima dengan baik, akan ada musim kedua, aku berharap itu terjadi," tutur dia.



Baca juga: Sutradara buka-bukaan soal serial monster "Sweet Home"

Baca juga: "Sweet Home", pilihan serial thriller monser Korea Selatan pekan ini

Baca juga: Adaptasi webtoon "True Beauty" dan "Sweet Home" tayang bulan ini

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020