Jakarta (ANTARA/JACX) - Di media sosial Facebook, beredar unggahan yang mencatut nama Din Syamsuddin terkait pidato pelanggaran HAM Indonesia di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Unggahan tersebut berupa foto Din Syamsuddin yang tampak berbicara di podium. Foto itu diberi judul "Heboh di Medsos, Video Pidato Tokoh KAMI Dien Syamsuddin di Markas Besar PBB".

Selain foto, pemilik akun Facebook itu juga memberikan narasi sebagai berikut:

"@Alhamdulillah..Masalah2 Pelanggaran HAM di Indonesia Telah Dibawa Ke Majelis PBB Oleh prof.dr.din Syamsuddin hingga dunia Tau,Bahwa Kepolisian telah Banyak Melanggar HAM.Mari Kita Kawal dan berbagi Ke Teman-teman Muslim Kita.."

Namun, benarkah Din Syamsuddin telah berbicara tentang pelanggaran HAM Indonesia di PBB?
 
Tangkapan layar unggahan hoaks yang menyatakan Din Syamsuddin berbicara mengenai pelanggaran HAM Indonesia di PBB. (Facebook)

Penjelasan:

Mengutip situs Mafindo, turnbackhoax.id, foto tersebut bukanlah mengenai Din Syamsuddin berbicara di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa, melainkan berada pada peringatan World Interfaith Harmony Week 2012 di New York.

Pada 2012, Din menyampaikan tantangan umat beragama adalah penekanan mediasi melalui dialog mau pun kerja sama dalam menjembatani perbedaan dan konfilk peradaban. 

Din mengatakan dialog antarumat beragama dapat mengatasi kecurigaan karena ketidakpahaman dan rasa saling menghormati yang kurang.

Klaim: Din Syamsuddin pidato pelanggaran HAM Indonesia di PBB
Rating: Hoaks

Baca juga: Wamenag ajak ormas dakwah dengan bijak

Baca juga: DPR minta gugatan Din Syamsuddin tak diterima sebab lewati batas waktu

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020