Denpasar (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Denpasar, Provinsi Bali, mencatat secara akumulatif angka kesembuhan pasien COVID-19 mencapai angka 3.914 orang atau 93,08 persen.

"Prosentase kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Denpasar mencapai 93,08 persen. Ini menunjukkan tren peningkatan kesembuhan bagi pasien terpapar positif COVID-19," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Selasa.

Lebih lanjut Dewa Rai mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan penularan virus korona. Oleh karena itu bagi desa dan kelurahan yang mengalami lonjakan kasus akan mendapat perhatian serius GTPP COVID-19 Kota Denpasar lewat pendampingan yang dikoordinir oleh camat.

"Langkah yang dilakukan adalah melakukan operasi yustisi protokol kesehatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil keliling dilengkapi pengeras suara,serta melaksanakan penyemprotan disinfektan wilayah secara terpadu.

Baca juga: Kadisdikpora Denpasar: Setiap pelajaran selalu ada penguatan karakter

Baca juga: Satpol-PP Denpasar bubarkan kerumunan warga langgar prokes


Ia mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua kluster, yakni kluster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih mendominasi, karena mobilitas di Denpasar sangat tinggi.

Dewa Rai mengatakan terkait upaya menekan angka kematian akibat COVID-19, bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data, kata Dewa Rai, secara akumulatif kasus positif COVID-19 tercatat 4.205 kasus, angka kesembuhan pasien mencapai 3.914 orang (93,08 persen), meninggal dunia sebanyak 95 orang (2,26 persen) dan kasus reaktif yang masih dalam perawatan sebanyak 196 orang (4,66 persen).

Dengan perkembangan kasus tersebut, Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan COVID-19 tidak semakin meluas.

"Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan secara rutin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan)," kata Dewa Rai.*

Baca juga: Pemkot Denpasar-Konjen Australia gelar webinar "Digitalisasi UMKM"

Baca juga: Bawaslu Denpasar apresiasi kepatuhan paslon terkait protokol kesehatan

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020