... keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih turut berduka cita yang mendalam, semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa dan diampuni segala khilafnya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan...
Jayapura (ANTARA) - Jenazah Wakil Kepala Staf TNI AD, Letnan Jenderal TNI Herman Asaribab, dijadwalkan dimakamkan di TMP Kusuma Trikora, Waena, Jayapura.
 
Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letnan Kolonel Arm Reza Nur Patria, kepada ANTARA, mengatakan, jenazah dijadwalkan tiba di Jayapura dari Jakarta, Selasa (15/12). "Namun belum dipastikan kapan dilaksanakan pemakaman," kata Patria.

Baca juga: Wakasad Letjen Herman Asaribab wafat di RSPAD
 
Asaribab --putra Papua pertama yang menjadi wakil kepala staf TNI AD-- meninggal di RS Pusat TNI AD Gatot Subroto, Jakarta, pada pukul 13.40 WIB dan dijadwalkan malam ini diterbangkan ke Jayapura.
 
Rencananya yang akan menjadi inspektur upacara saat pemakaman secara militer itu adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf TNI AD, Letnan Jenderal TNI Ali Bogra.

Baca juga: Putra Papua Mayjen TNI Herman Asaribab dapat promosi jabat Wakasad
 
"Segenap keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih turut berduka cita yang mendalam, semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa dan diampuni segala khilafnya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan," kata Patria.
 
Asaribab meninggalkan seorang istri, Yunita Bukit Asaribab, dan tiga orang putri. Ia lulus dari Akademi Militer dan dilantik menjadi perwira remaja pada 1988 dari Korps Infantri. Ia dipromosikan menjadi wakil kepala staf TNI AD menggantikan seniornya, Letnan Jenderal Mohammad Fachruddin, yang memasuki masa pensiun. 

Baca juga: Pangdam: Tindak tegas anggota TNI terlibat kematian Pdt. Yeremias Pengalaman penugasan Asaribab di tingkat perwira menengah hingga perwira tinggi diwarnai penugasan di Papua, yaitu menjadi komandan Batalion Infantri 751/BS Jayapura, komandan Brigade Infantri 20/Ima Jaya Keramo di Timika, komandan Korem 172/Praja Wirajakti di Abepura, dan kepala staf Panglima Kodam XVII/Cenderawasih.

Ia pernah menjadi panglima Kodam XII/Tanjungpura berkedudukan di Pontianak dan panglima Kodam XVII/Cenderawasih berkedudukan di Jayapura. 

Baca juga: Pangdam Cenderawasih pimpin sertijab Kasdam dan dua Dandrem

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020