Dubai (ANTARA News) - Medali perunggu Olimpide Sydney 2000 yang diraih tim senam putri Cina akhirnya terpaksa dicopot setelah satu dari atletnya memalsukan umur, demikian dikatakan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Rabu.

Sebuah pemeriksaan yang dilakukan Federasi Senam Internasional (FIG) pada Pebruari menemukan bahwa Dong Fangxiao ternyata berusia lebih muda dari usia minimal 16 tahun yang disyaratkan ketika dia mendaftar dengan usia yang berbeda di Sydney dan di Olimpiade Beijing delapan tahun kemudian.

"Medali dan ijazah Dong Fangxiao sedang ditarik dan disesuaikan," kata jurubicara IOC Mark Adams setelah pertemuan pengurus eksekutif IOC.

Dengan hasil itu, maka tim AS yang sebelumnya berada di urutan keempat, maka kini berhak menduduki posisi ketiga dan sekaligus merebut medali perunggu.

Dong juga berakhir di urutan keenam di senam lantai perorangan dan ketujuh pada nomor kuda lompat.

IOC memerintahkan kepada Komite Olimpiade Cina untuk mengembalikan medali tersebut dan ijazah atlet tersebut nantinya bisa diterima kembali.

Kecurangan umur sedang merajalela di olahraga Cina untuk beberapa tahun ini.

Selama Olimpiade Beijing 2008, FIG diperintahkan oleh IOC untuk menyelidiki umur atlet Cina He Kexin, yang menjadi anggota tim putri Cina yang meraih medali emas serta beberapa rekan satu timnya.

Dari hasil kecurangan yang kontroversial tersebut, maka FIG telah memperkenalkan sebuah sistem dimana seluruh pesenam yang ikut dalam berbagai event utama harus mengajukan sebuah lisensi.

Dong didaftarkan dengan kelahiran 20 Januari 1983 di Sydney, namun ketika akreditasi untuk akta resmi untuk bertanding di nomor kuda lompat pada Olimpiade Beijing 2008, dia didaftarkan dengan tanggal kelahiran 23 Januari 1986.

Kejadian itu akan menjadikannya sebagai atlet putri ke-14 yang tidak memenuhi syarat untuk bertanding di Sydney.

Hasil penemuan itu juga akan membuat prestasinya di kejuaraan dunia senam artistik di Tianjin dibatalkan, juga termasuk untuk di Seri Piala Dunia FIG mulai 1999 hingga 2000 dan di final piala dunia seman artistik 2000 di Glasgow.

Reuters/A020

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010