Peringatan Hari HAM Internasional menjadi bagian peneguhan komitmen bangsa dan negara dalam setiap kebijakan pembangunan yang berbasiskan prinsip HAM.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyampaikan secara langsung usulan atau rekomendasi kepada Presiden RI Joko Widodo untuk memperingati Hari HAM Internasional pada 10 Desember 2020.

Usai bertemu Presiden Jokowi, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan agar Presiden tidak hanya berpidato soal Hari HAM Internasional pada tahun ini, tetapi pidato Hari HAM Internasional agar dijadikan seremonial kelembagaan negara setiap tahun sehingga menjadi bentuk penghormatan terhadap HAM.

"Siapa pun nanti yang memimpin negara ini, setiap 10 Desember menjadi komitmen negara kita untuk menghormati HAM. Oleh karena itu, pidato kenegaraan diharapkan menjadi suatu seremoni kenegaraan," ujarnya.

Baca juga: Ma'ruf Amin minta semua WNI hormati HAM

Taufan megatakan bahwa bangsa Indonesia sudah mengangkat agenda HAM sebagai isu penting, bahkan sebelum Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencetuskan deklarasi HAM pada tahun 1948.

"Negara kita ini negara beruntung karena sebelum deklarasi HAM pada tahun 1948 itu dicetuskan, sebetulnya jauh-jauh sebelum itu, pendiri bangsa kita mengangkat isu mengenai HAM sebagaimana dalam konstitusi, tadi kami mendiskusikan itu," katanya.

Ia mengharapkan peringatan Hari HAM Internasional menjadi bagian peneguhan komitmen bangsa dan negara dalam setiap kebijakan pembangunan yang berbasiskan prinsip HAM.

"Itu yang kita sebut peradaban Indonesia ke depan, itu harusnya berbasis nilai-nilai HAM. Kalau kita membangun, tolong perhatikan ada kepentingan masyarakat lain yang tidak boleh diganggu. Kalau kita menegakkan hukum, koridor hukum dan HAM juga harus dipatuhi," ujarnya.

Selain membahas mengenai peringatan Hari HAM Internasional, Komnas HAM mengaku juga telah menyerahkan laporan investigasi peristiwa kekerasan di Intan Jaya, Papua yang terjadi pada bulan September 2020.

Baca juga: Hari HAM Sedunia, P3PPAKB harap perempuan berperan dalam pembangunan

Turut hadir dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Komnas HAM, antara lain Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020