Jakarta (ANTARA) - Pengusaha nasional Sandiaga Uno mengapresiasi para wirausaha muda yang menjadi mentor dan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat, karena secara langsung telah menjadi pahlawan bidang ekonomi

Disebut “pahlawan ekonomi” karena ikut membangkitkan semangat para anak muda Indonesia untuk berani memulai usaha di tengah keterbatasan akibat pandemi COVID-19.

"Pada Hari Pahlawan ini, apresiasi saya sampaikan kepada semua mentor dan pengusaha muda yang berpartisipasi aktif dalam mengembangkan semangat kewirausahaan, menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi," kata Sandi di Jakarta, Selasa.

Menurut Sandi, para wirausahawan muda ini bukan sekedar mentor dan pengusaha mandiri, tapi pahlawan ekonomi yang berjuang di akar rumput menggerakkan roda ekonomi bangsa.

Satu di antara sejumlah mentor dan pengusaha muda yang mendapatkan apresiasi dari Sandiaga Uno dan Rumah Siap Kerja yaitu dr Tirta.

Pria bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi itu terpilih karena sukses membangkitkan semangat dalam pengembangan produk lokal.

Apresiasi itu pun disambut baik dr Tirta, yang menyebutkan bahwa lapangan muda harus dapat mendiri merintis usaha demi kebangkitan ekonomi bangsa.

“Saat ini saling mendukung usaha lokal ialah hal yang dibutuhkan dalam ekonomi yang terpengaruh dampak pandemi. Untuk itu, ayo anak muda Indonesia bangkitkan semangat dan mulai usaha sekarang demi kebangkitan ekonomi bangsa” ujar dr Tirta.

Pria kelahiran Surakarta, 30 Juli 1991 itu pun menekankan pentingnya kolaborasi antara pengusaha lokal.

Sehingga, tercipta jejaring dalam pengembangan usaha yang berujung pada penciptaan lapangan kerja.

”Dengan cara inilah para pengusaha lokal dapat terus berkontribusi dalam pembukaan lapangan kerja. Sehingga perekonomian indonesia dibangun dengan asas kesejahteraan dari kita, oleh kita dan untuk kita," ujarnya.

Baca juga: Sandi: Pasar modal masih jadi alternatif investasi bagi pemodal

Perluas lapangan kerja

Bersama Rumah Siap Kerja, Sandi terus memberikan bimbingan kewirausahaan untuk membangkitkan semangat anak muda Indonesia untuk mulai usaha sekarang.

Rumah Siap Kerja merupakan wadah besutan Sandi dalam memberikan bimbingan kewirausahaan untuk membangkitkan semangat anak muda Indonesia untuk memulai berusaha yang bertujuan mengurangi pengangguran.

Sebagai komitmen pada peningkatan kemampuan dan perluasan lapangan kerja, Sandi berencana meresmikan kolaborasi antara Rumah Siap Kerja dengan Kartu Prakerja pada hari Sabtu, 14 November 2020.

Melalui platform pelatihan dan bimbingan digital Rumah Siap Kerja yang inovatif, Sandi melatih langsung para generasi muda untuk siap menjadi pengusaha yang tangguh dan kreatif.

“Rumah Siap Kerja terus berkomitmen untuk memberikan pelatihan peningkatan skill untuk anak muda Indonesia sehingga dapat terus belajar, bekerja, dan berdaya demi terwujudnya generasi anak muda siap kerja,” ujar Sandi.

Baca juga: Sandiaga Uno berdialog dengan nelayan di sentra ikan asin terbesar RI

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020