Jakarta (ANTARA) - Twitter mengalami gangguan, Rabu malam, di mana linimasa aplikasi terpantau tidak dapat diperbarui.

Gangguan juga terpantau terjadi pada fitur lainnya di Twitter, mulai dari profil hingga fitur pesan langsung atau direct message (DM), termasuk saat mengunggah cuitan maupun foto.

Sementara itu, pantauan ANTARA dari laman Down Detector laporan gangguan penggunaan media sosial tersebut muncul sejak pukul 21.17 WIB, dengan jumlah 622 laporan.

Kurva laporan meningkat drastis, dan mencapai puncaknya pada pukul 21.47 WIB dengan jumlah 2.273 laporan. Dari peta Down Detector, gangguan terpantau dialami hampir Jawa dan Sumatera, hingga negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Laman Down Detector juga menyebutkan bahwa masalah terbanyak dilaporkan terjadi di aplikasi Android dengan jumlah 50 persen, website sebanyak 43 persen dan aplikasi iPhone atau iPad berjumlah 6 persen.

Gangguan kali ini merupakan ketiga kalinya bulan ini, setelah dilaporkan down pada 1 Oktober. Terakhir, Twitter juga sempat mengalami gangguan pada Jumat (16/10), namun perusahaan media sosial menyebut tidak ada bukti peretasan.


Baca juga: Twitter "down" pagi ini, tapi bukan karena diretas

Baca juga: Instagram dan Facebook sempat down, ini manfaat jauhi media sosial

Baca juga: Layanan Twitter down


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020