Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, penundaan kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Indonesia bukan karena isu teroris dan keamanan Indonesia.

"Bukan karena terorisme dan situasi keamanan kita, tetapi karena masalah internal pemerintahan AS," katanya ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Djoko menegaskan, pembatalan kunjungan Obama ke Indonesia disebabkan panasnya suasana politik di AS akibat Rancangan Undang-Undang Dasar Kesehatan di negara Paman Sam itu.

Obama berjanji akan mengunjungi Indonesia pada Juni 2010. Rencana kedatangan Obama ke Indonesia sudah sejak lama direncanakan, terakhir ditetapkan 22-24 Maret 2010.

Segala persiapan menyangkut rencana kunjungan presiden AS itu telah dilakukan sejak lama termasuk pengamanan di beberapa lokasi yang akan dikunjungi Obama di Jakarta dan Bali.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Obama dijadwalkan menandatangangi kesepakatan kemitraan komprehensif dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk semakin kuatnya hubungan bilateral kedua negara.(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010