Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian berencana untuk membangun pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0 pada tahun 2021.

"Harusnya tahun ini kita buat namun karena menghadapi pandemi Covid-19 maka Kemenperin menggeser ke tahun depan yakni kita berencana untuk membangun pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0," ujar Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Dody Widodo dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat.

Menurut Dody, tempat tersebut tidak hanya menjadi pusat inovasi dan pengembangan SDM saja namun juga nantinya masyarakat Indonesia bisa melihat bagaimana secara percontohan atau lighthouse industri-industri dari masing-masing jenis baik itu industri makanan, industri berat, dan sebagainya terdapat di pusat inovasi ini.

Baca juga: Pentingnya talenta digital untuk dorong kompetisi industri 4.0

Dengan demikian lighthouse dari masing-masing jenis industri tersebut bisa menjadi contoh bagi pihak-pihak yang ingin menerapkannya.

Pembangunan pusat inovasi dan pengembangan SDM industri 4.0 tersebut rencananya akan dibangun di daerah Permata Hijau, Jakarta.

Pengembangan pusat inovasi dan pengembangan SDM Industri 4.0 merupakan bagian implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Pusat inovasi itu menghadirkan lima pilar untuk mendukung industri dalam transformasi menuju industri 4.0.

Baca juga: Kemenperin fokus wujudkan ekosistem inovasi industri 4.0

Pilar pertama, yaitu showcase, bertujuan meningkatkan awareness industri terhadap pentingnya penerapan industri 4.0. Selanjutnya, training center untuk membangun keahlian teknologi industri 4.0. Ketiga, pilar ekosistem yang menghubungkan para pemangku kepentingan industri.

Kemudian berperan sebagai delivery center dalam transformasi perusahaan industri untuk menerapkan teknologi 4.0. Terakhir yakni memiliki pilar inovasi melalui berbagai proyek ujicoba dan brokerage di sektor industri.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020