Bogor (ANTARA News) - Institut Paertanian Bogor (IPB) menyiapkan dana Rp1,05 miliar untuk modal bagi 150 hingga 200 mahasiswa yang ingin berwirausaha di bidang agribisnis melalui Program Mahasiswa Wirausaha 2010.

Wakil Rektor IPB bidang Riset dan Kerja Sama, Dr Ir Anas Miftah mengatakan di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, dana tersebut merupakan dana hibah Pemerintah dan mahasiwa yang lolos seleksi akan memperoleh modal awal maksimum sebesar Rp8 juta per orang. Sedangkan untuk kelompok yang terdiri atas lima mahasiswa akan diberi modal Rp40 juta per kelompok.

"Melalui program wirausaha tersebut, diharapkan lulusan IPB tidak termasuk dalam kelompok sarjana menganggur yang saat ini jumlahnya mencapai 2 juta orang," katanya dalam sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha di Kampus IPB, Darmaga, Bogor.

Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebutkan, pada 2009 angka pengangguran di Indonesia mencapai 22,2 persen atau 4,1 juta dari 21,2 juta angkatan kerja. Kurang lebih 2 juta di antaranya adalah pengangguran akademik yang merupakan lulusan perguruan tinggi.

Program ini merupakan yang kedua kalinya diluncurkan oleh IPB. Pada program yang diluncurkan untuk tahun 2009, 70 hingga 80 persen usaha yang dijalankan mahasiswa terus berlanjut hingga berakhirnya program, katanya.

IPB, lanjut dia, berkomitmen untuk memasukkan karakter wirausaha pada mahasiswanya. "Sejak awal mahasiswa sudah dikenalkan dengan semangat dan nilai-nilai wirausaha," katanya.

Disamping itu, IPB juga memfasilitasi mahasiswa dan menjadi "inkubator" untuk menumbuhkan semangat wirausaha tersebut melalui pemberian bantuan jaringan, biaya maupun bantuan teknis.

"Saat ini kami juga tengah membuat skema pembiayaan melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir dari Kementerian Koperasi dan UKM," katanya.

Polanya, lanjut dia, adalah dengan membentuk koperasi untuk menyalurkan hasil usaha kecil mahasiswa. Dalam hal ini IPB menyeleksi mahasiswa yang bisa memperoleh bantuan tersebut dan memberikan pendampingan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Karir Mahasiswa, Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) IPB, Ir Iin Solihin, MSi mengatakan, sebanyak 1.420 mahasiswa telah mendaftar untuk mengikuti program ini.

Dari jumlah tersebut sebanyak 1.110 mahasiswa belum memiliki usaha dan 310 lainnya memiliki usaha yang sudah berjalan.

Dari jumlah pendaftar tersebut, pada seleksi awal akan disaring 300 mahasiswa yang akan mengikuti pendidikan dan latihan selama empat hari.

Setelah itu, mereka akan disaring lagi hingga diperoleh sekitar 150 mahasiswa calon wirausahawan yang berhak memperoleh bantuan modal dan pembinaan dari IPB hingga akhir tahun 2010.

"Di akhir program, peserta akan dilibatkan dalam `enterpreneurship expo` yang akan menjadi ajang bagi mereka untuk mencari calon investor untuk diajak bekerja sama," kata Iin.

Pada 2009 IPB menyalurkan Rp1,382 miliar modal untuk 175 mahasiswa melalui program yang sama. Salah satu peserta program, Ance Trio Marta bahkan berhasil menyabet juara I dalam ajang nasional Wirausaha Muda Mandiri untuk kategori industri dan jasa.(S022/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010