Sikap Fraksi Demokrat tersebut berawal dari sikap Benny yang menginterupsi agenda selanjutnya ....
Jakarta (ANTARA) - Fraksi Partai Demokrat DPR RI memutuskan keluar (walk out) dari Rapat Paripurna DPR RI dengan salah satu agenda pengesahan RUU Cipta Kerja yang berlangsung pada Senin.

"Kalau begitu, Demokrat menyatakan walk out dan tidak bertanggung jawab (atas persetujuan RUU Ciptaker menjadi UU)," kata anggota Fraksi Partai Demokrat Benny K. Harman dalam rapat paripurna di kompleks DPR RI, Jakarta, Senin.

Sikap Fraksi Demokrat tersebut berawal dari sikap Benny yang menginterupsi agenda selanjutnya yang akan mendengarkan pandangan pemerintah setelah semua fraksi menyampaikan pandangannya terkait dengan RUU Ciptaker.

Baca juga: F-Demokrat tegaskan tolak RUU Ciptaker disetujui jadi UU

Benny ingin memberikan pandangan lanjutan dari fraksinya setelah Sekretaris Fraksi Demokrat menyampaikan pandangan fraksinya yang secara tegas menolak RUU Ciptaker disetujui menjadi UU.

Permintaan Benny tersebut ditolak Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin yang memimpin Rapat Paripurna DPR RI, dan meminta pemerintah menyampaikan pandangannya.

"Kami persilakan kepada pemerintah untuk menyampaikan pandangannya. Nanti setelah pemerintah menyampaikan pandangannya," kata Azis.

Setelah itu, Benny menegaskan sikap fraksinya untuk walk out dari Ruang Rapat Paripurna DPR RI.

Selanjutnya, para anggota Fraksi Demokrat satu per satu keluar ruang rapat.

Baca juga: Baleg DPR sebut pembahasan RUU Cipta Kerja sudah sesuai mekanisme

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020