Balikpapan (ANTARA News) - Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Kalimantan Timur (Kaltim), saat ini masih mengamankan PT Kaltim Prima Coal (KPC), Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur.

"Satu pleton dari Brimob Polda Kaltim telah dikirim untuk membantu tugas Polres Kutim untuk mengamankan PT KPC," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kaltim, Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta di Balikpapan, Jumat.

Sampai saat ini, Brimob Polda Kaltim masih tetap berjaga-jaga di PT KPC, hingga waktu yang belum ditentukan. "Namun situasi di kawasan operasional PT KPC tetap berjalan dengan baik dan situasi tetap aman," ujarnya.

Satu pleton Brimob tersebut mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan dari massa yang menamakan Masyarakat Adat Sanggata yang melakukan aksinya sejak Kamis (4/3).

Aksi tersebut dilakukan oleh sekitar 150 orang yang berlangsung di depan kantor eksternal PT KPC Sangatta dengan Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Fachri.

Hal tersebut dilakukan merupakan bentuk kekecewaan Masyarakat Adat Sanggata kepada perusahaan tambang batu bara, karena mengirim surat yang direspon oleh PT KPC.

Massa menuntut pihak perusahaan memberi kompensasi Rp10 ribu untuk setiap metrik ton batu bara hasil eksplorasi PT KPC.
(ANT/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010