Napoli menggila dengan berpesta enam gol tanpa balas ke gawang Genoa
Jakarta (ANTARA) - Napoli menggila dengan berpesta enam gol tanpa balas ke gawang Genoa, dalam pertandingan putaran kedua Liga Italia yang dimainkan di Stadion San Paolo, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Raihan positif itu sekaligus membawa Napoli memuncaki klasemen Liga Italia, membuat posisi teratas itu berganti pemilik sebanyak tiga kali dalam akhir pekan ini, setelah sebelumnya diduduki oleh Sassuolo dan Verona, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Partenopei hanya unggul satu gol pada babak pertama melalui gol Hirving Lozano (10'). Hujan gol ke gawang Genoa lantas terjadi setelah turun minum. Piotr Zielinski (46') mengemas gol kedua Napoli, disusul oleh gol-gol dari Dries Mertens (57'), Lozano (65'), Eljif Elmas (69'), dan Matteo Politano (72').

Pertandingan baru berusia sepuluh menit saat gawang Genoa kemasukan gol pertama. Lozano bergerak cepat menuju tiang jauh untuk menyambar umpan silang Dries Mertens, ia kemudian berhasil menaklukkan kiper Federico Marchetti pada sepakan keduanya, setelah sepakan pertama tertuju lurus kepada sang kiper.

Sejumlah peluang dimiliki kedua tim pada sisa babak pertama. Penyerang Napoli Victor Osimhen menanduk bola ke atas mistar gawang dan sepakan melebar Lozano, sedangkan peluang Genoa didapat dari sepakan Davide Zapacosta dan Marco Pjaca yang tidak tepat sasaran.

Napoli mengamuk pada babak kedua, mereka dengan cepat menggandakan keunggulan melalui kerja sama indah. Zielinski memulai pergerakan di sisi tengah, bola kemudian dikirimkan kepada Elmas di sisi kiri, bola selanjutnya digulirkan kepada Osimhen yang meneruskannya dengan sepakan tumit untuk diselesaikan Zielinski.

Lukas Lerager kehilangan bola dengan mudah, dan Zielinski kembali terlibat untuk terciptanya gol ketiga, ia memberi umpan kepada Mertens untuk dikonversi menjadi gol dari tepi kotak penalti.

Genoa harus membayar mahal kesalahan mereka, operan Goran Pandez justru tertuju kepada Mertens, yang segera mengirimkannya kepada Lozano untuk dikemas menjadi gol keduanya sekaligus gol keempat Napoli.

Elmas membukukan gol kelima, saat ia melakukan pergerakan memotong melewati Edoardo Goldaniga, dan mengarahkan bola ke sudut jauh gawang tim tamu. Pemain pengganti Politano turut mencatatkan namanya ke papan skor, saat ia menusuk ke kotak penalti dari sisi kanan dan melepaskan sepakan melengkung ke sudut jauh.


Milan teruskan start bagus

AC Milan meneruskan start bagusnya dengan kemenangan 2-0 di markas Crotone, pada pertandingan keduanya di liga. Tambahan tiga poin membuat Milan kini menempel Napoli di peringkat kedua.

Meski menggempur sejak awal, Rossonerri baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-45. Pelanggaran yang dilakukan Luca Marrone terhadap Ante Rebic di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih. Franck Kessie yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

Milan menggandakan keunggulan pada menit ke-50. Diawali permainan keberhasilan Hakan Calhanoglu mencuri bola dari penguasaan pemain Crotone, bola kemudian dioperkan kepada Alexis Saelemaekers, ia berusaha memainkan operan satu-dua dengan Calhanoglu, namun Brahim Diaz bergerak cepat menyambar bola untuk membuat Milan memimpin 2-0.
Baca juga: Genoa puncaki klasemen setelah dua hari pertama Serie A 2020/21
Baca juga: Aksi rekrutan baru Osimhen bantu Napoli lucuti Parma 2-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020