Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics Indonesia memperkenal seri terbaru dari jajaran ponsel lipat premiumnya, Samsung Galaxy Z Fold2 yang memiliki desain elegan dan bodi lebih ramping dibanding pendahulunya.

Kemampuan multi tasking pada ponsel ini juga menjadi salah satu unggulannya. Galaxy Z Fold2 ditujukan bagi para penikmat luxury tech atau mereka yang mengapresiasi inovasi dan memandangnya sebagai sebuah kemewahan.

Hadir dengan Cover Screen (layar penutup) yang lebih besar, serta layar utama yang lebih luas, Galaxy Z Fold2 memadukan keanggunan desain dengan fleksibilitas dan keahlian craftmanship, untuk mendukung gaya hidup premium dari para penggunanya.

Baca juga: Samsung Galaxy S20 FE resmi meluncur

Baca juga: Realme 7 berkamera 64MP dan NFC, ini dua kompetitor utamanya


Berikut ini adalah beberapa spesifikasinya:

Samsung Galaxy Z Fold2 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Desain

Ponsel ini hadir dengan cover screen (layar penutup) Super Amoled yang memiliki 6,2 inci dengan tampilan memanjang dan layar utama (infinity flex display) seluas 7,6 inci Dynamic Amoled 2X.

Pada seri terbarunya, sudah menggunakan Ultra Thin Glass (UTG) seperti pada Galaxy Z Flip dan dukungan Flex Mode sehingga dapat dibuka dengan sudut berapa pun sesuai keinginan pengguna.

Saat membuka bagian layar utama, akan terlihat seperti sebuah garis bekas lipatan. Namun hal ini tidak mengganggu pandangan Anda saat sedang menonton konser, bermain game atau kegiatan lain.

Samsung Galaxy Z Fold2 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)
Galaxy Z Fold2 memiliki bobot seberat 282 gram dengan ketebalan saat terlipat 13,8mm, sedangkan saat dibuka menjadi tablet tebalnya hanya 6mm.

Dengan layar cover yang ukurannya lebih besar dari sebelumnya, ponsel ini nyaman untuk digenggam dan penggunaan sehari-hari. Layar utamanya juga sangat jernih sehingga nyaman untuk menyaksikan film, main gim atau melakukan berbagai pekerjaan.

Ada dua warna yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold2 yakni Mystic Bronze dan Mystic Black yang merupakan warna populer di tahun ini.

Contoh foto yang diambil menggunakan Samsung Galaxy Z Fold2 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Kamera

Ponsel ini dibekali dengan tiga kamera utama yang terdiri dari ultra-wide 12MP dengan aperture F2.2 dan sudut 123 derajat. Wide angle 12MP dengan dukungan super speed dual pixel AF, OIS, dan apreture f1.8. Lalu kamera telephoto 12MP dengan dukungan PDAF, aperture f2.4, dual OIS, dan dukungan optical zoom 2x serta digital zoom 10x.

Untuk kamera depan, Galaxy Z Fold2 memiliki dua kamera selfie di masing-masing layar yang resolusinya sama-sama 10MP dengan aperture 2.2 dan sudut 80 derajat.

Galaxy Z Fold2 juga didukung dengan kehadiran fitur mode Pro Video, Single Take, Bright Night, dan Night Mode, untuk membantu pengguna mengabadikan momen.

Baca juga: Ponsel layar lipat versi "Lite" Samsung bersiap menuju India

Baca juga: Material Galaxy Z Fold 2 lebih kuat dibanding versi sebelumnya


Samsung Galaxy Z Fold2 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Multitasking

Tidak hanya desainnya yang elegan, kemampuan multi tasking pada ponsel ini juga menjadi salah satu unggulannya.

Di sini terdapat fitur Multi Active Windows yang memungkinkan pengguna untuk membuka tiga aplikasi sekaligus di layar utama.

Misalnya, Anda sedang membuka laman web lalu jika ingin membuka aplikasi lainnya, cukup dengan menggeser menu Edge Panel dan pilih aplikasi kedua atau ketiga kemudian tempatkan di sisi sebelah aplikasi yang telah terbuka.

Semua aplikasi ini dapat berjalan secara bersamaan. Selain itu, fitur multi tasking ini juga memungkinkan penggunaan opsi drag and drop, di mana Anda hanya perlu menyeret teks atau gambar dan dokumen dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Anda juga dapat menentukan aplikasi apa saja yang masuk dalam menu Edge Panel.

Galaxy Z Fold2 juga menghadirkan tampilan App Continuity di mana saat pengguna membuka aplikasi di layar cover dapat langsung melanjutkannya secara realtime di layar utama. Namun Anda harus memilih aplikasi apa saja yang dapat masuk pada tampilan App Continuity.

Samsung Galaxy Z Fold2 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)
Performa

Galaxy Z Fold2 dibekali SoC Snapdragon 865 Plus dengan RAM 12GB LPDDR5. Navigasi smartphone pun semakin mantap, dengan refresh rate 120Hz yang dapat disesuaikan untuk scrolling dan aktivitas gaming yang mulus.

Menikmati berbagai konten visual secara mendalam semakin optimal, karena didukung oleh suara dinamis terbaik dengan efek stereo yang ditingkatkan, serta suara yang lebih jernih, dan dihasilkan dari speaker ganda berdinamis tinggi.

Galaxy Z Fold2 juga didukung baterai berkapasitas 4.500 mAh dan kemampuan Super Fast Charging, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak hal tanpa mengkhawatirkan daya tahan baterai.

Untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold2 hadir dengan RAM 12 GB dan storage 256 GB.

Samsung Galaxy Z Fold2 ini, dibanderol dengan harga Rp33.888.000 dan preorder-nya sudah ditutup sejak 19 September 2020.

Baca juga: Samsung ungkap harga Galaxy Z Fold 2 di Indonesia

Baca juga: Samsung diperkirakan produksi 800.000 Galaxy Z Fold 2 tahun ini

Baca juga: Inilah harga dan spesifikasi Galaxy Z Fold 2


Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020