Jakarta (ANTARA News) - Patung Obama kecil terbujur kaku di atas meja kayu coklat beralaskan taplak. Senin (15/2) merupakan hari pertamanya berada di lokasi baru di SDN 01 Menteng Jakarta Pusat, atau yang lebih dikenal dengan sebutan SD Besuki.

Patung Barry kecil dipindahkan dari Taman Menteng pada Minggu (14/2).Patung itu untuk sementara ditidurkan  di tengah ruangan Laboratorioum (Lab) Bahasa Inggris dan diapit di antara foto presiden dan wakil presiden Indonesia. Ruang lab itu  terletak di sudut kelas lantai dua sekolah SD Besuki.

Ruang itu dikunci dengan pintu teralis besi, sehingga murid-murid dan pengunjung hanya bisa melihat dari luar ruangan.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama pernah mengenyam pendidikan di sekolah itu pada  tahun 1969 hingga 1971.

Pemindahan patung dari Taman Menteng ke SD Besuki disambut pihak sekolah. "Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami memiliki seorang murid yang sukses walaupun hanya dua tahun di Indonesia dan Obama tidak pernah melupakan kenangannya bersama sekolah ini", kata Purwanto, wakil kepala sekolah. "Mudah-mudahan keberadaan patung Obama di sini menambah motivasi belajar anak-anak," ujarnya.

Patung Obama akan ditempatkan di halaman sekolah tepat di depan gerbang masuk sekolah. "Patung tersebut akan diletakkan di depan halaman sekolah, sehingga pengunjung mudah melihat patung tersebut dan tidak mengganggu kegiatan belajar siswa", kata Edi Kusyanto seorang guru sekolah.

Menurut rencana pembuatan pondasi patung akan rampung pekan depan, setelah itu patung tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah.

Muhammad Arnadi siswa kelas enam tertawa  sambil menggaruk kepala saat melihat patung itu. Ia mengatakan "Eh Obamanya capek ya, lagi tidur-tiduran". Ia menambahkan keinginannya bertemu langsung Obama yang rencananya akan berkunjung ke Indonesia pada bulan Maret. "Ya sukalah, siapa yang ngga suka ketemu presiden". (ADM/A038)


Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010