Kami telah menyiapkan berbagai solusi smart metering yang menggunakan jaringan dan platfom digital berbasis internet of things
Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sebagai BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi mendukung inovasi-inovasi yang muncul untuk dapat berkontribusi melalui pemanfaatan teknologi agar inovasi tersebut dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satunya adalah kerja sama Telkom dengan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung dalam mengimplementasikan digitalisasi melalui sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat, dan dashboard pengelolaan air.

“Telkom berkomitmen mendukung inovasi Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) dalam pemanfaatan “smart metering”. Kami telah menyiapkan berbagai solusi smart metering yang menggunakan jaringan dan platfom digital berbasis internet of things (IOT), untuk menjamin keandalan layanan,” kata Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Kerja sama Telkom dengan Perpamsi ini meliputi layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air maupun command center mampu sehingga mendorong PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern.


Baca juga: Telkom percepat digitalisasi ibu kota kabupaten

Baca juga: HUT RI ke-75, Telkom wujudkan kedaulatan RI melalui telekomunikasi



Dirut Perumda Tirta Raharja Rusdi Kusmayadi yang sekaligus sebagai Ketua Umum Perpamsi mengatakan menyambut baik solusi ‘smart metering pengelolaan air tersebut.

“Perumda Tirta Raharja tengah menguji-coba sebuah teknologi Smart Metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan," ujar Rudi.

Ia berharap implementasi smart metering dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja tetapi di seluruh PDAM anggota PERPAMSI seluruh Indonesia.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara usai menyaksikan uji coba tersebut menyatakan komitmen untuk mendukung langkah inovasi PERPAMSI dalam hal implementasi Smart Metering berbasis IoT.

Perpamsi merupakan organisasi bagi perusahaan air minum (PDAM) di seluruh Indonesia yang juga menghimpun badan/lembaga yang berhubungan erat dengan bidang air minum, seperti Kementerian PUPR, Bappenas, dan lembaga donor untuk PDAM.

Jumlah PDAM yang tergabung di Perpamsi sebanyak 427 PDAM yang tersebar di hampir tiap kota/kabupaten di Indonesia.

Sesuai misinya, Perpamsi mempunyai fungsi strategis dalam mendorong PDAM untuk mewujudkan kinerja yang unggul.di


Baca juga: Telkom dukung Gerakan 100 Smart City digitalisasi kabupaten dan kota

Baca juga: BRI-Telkom kolaborasi tingkatkan layanan satelit


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020