Jakarta (ANTARA) - Lionel Messi memang gagal menjadi pemain termahal di dunia setelah memutuskan tetap bersama Barcelona akibat perselisihan kontrak, tetapi maestro Argentina itu tetap menjadi pesepak bola paling kaya di dunia.

Menurut Forbes, total pendapatan Messi tahun ini adalah 126 juta dolar AS -- 92 juta dolar AS dari gajinya dan 34 juta dolar AS dalam bentuk endorsement.

Tidak mengherankan jika Cristiano Ronaldo menempati urutan kedua meskipun berpendapatan 117 juta dolar AS. Ronaldo pemain sepak bola yang paling banyak follower media sosial-nya di dunia.

Baca juga: Messi akhirnya putuskan bertahan di Barcelona

Neymar menduduki urutan ketiga dengan 96 juta dolar AS, disusul rekannya dari Paris St Germain Kylian Mbappe yang berusia 21 tahun dan mengumpulkan pendapatan 42 juta dolar AS.

Liga Premier tetap menjadi liga sepak bola terkaya di dunia tetapi hanya dua dari pemain lapangannya yang masuk 10 besar pemain terkaya. Striker Liverpool Mohamed Salah menempati tempat kelima dengan 37 juta dolar AS dan gelandang Manchester United Paul Pogba menduduki urutan keenam dengan 34 juta dolar AS. Rekan setim Pogba, David de Gea, berada pada peringkat 10 dengan 27 juta dolar AS.

Antoine Griezmann dari Barcelona berada pada urutan ketujuh, disusul pemain Real Madrid Gareth Bale pada posisi kedelapan. Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski, satu-satunya wakil Bundesliga, berada pada urutan kesembilan.

Messi urung meninggalkan Barcelona dan berada pada tahun terakhir dalam kontraknya sehingga bisa hengkang dalam status bebas transfer musim panas mendatang.

Dengan tetap bersama klub Catalan, Messi bakal mendapatkan bonus loyalitas sebesar 83 juta dolar AS sehingga mungkin dia akan terus memuncaki daftar ini.

Baca juga: Lionel Messi kembali berlatih dengan Barcelona
Baca juga: Ronaldo ukir gol ke-100 untuk Portugal
Baca juga: Neymar "ngamuk" di Twitter karena mengaku Jadi korban rasisme

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020