Manado (ANTARA News) - Sebanyak 20 narapidana yang menjalani pembebasan bersyarat atau klien pemasyarakatan mengikuti pelatihan komputer yang dilaksanakan Balai Pemasyarakatan Manado, di Manado, Kamis.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara (Sulut), Haru Tamtomo, mengatakan narapidana itu memanfaatkan kesempatan yang baik dalam mengikuti pelatihan tersebut.

"Dengan pelatihan ini, akan memiliki kemampuan untuk memperoleh pekerjaan," kata Tamtomo

Haru Tantomo mengatakan, lapangan kerja yang penuh persaingan sekarang ini membutuhkan orang yang memliki ketrampilan.

Jika tidak memiliki ketrampilan maka terbatasnya kesempatan karena posisi tawarnya rendah.

"Ketrampilan komputer ini diharapkan menjadi modal dalam mencari pekerjaan atau mengembangkan usaha sendiri," katanya

Dia menambahkan, apalagi dalam pelatihan ini materi yang diberikan sesuai dengan perkembangan era sekarang ini dibidang teknologi dan telekomunikasi.

Kepala Balai Pemasyarakatan Manado, Julius Paath mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran hukum serta memberikan ketrampilan dasar operasional komputer.

"Ketrampilan ini akan menjadi modal untuk mendapatkan suatu pekerjaan guna memenuhi kebutuhan hidup," kata Paath.Dia menambahkan, usai pelatihan tersebut peserta akan mendapatkan sertifikat.

Pelatihan komputer yang diikuti 20 narapidana terdiri dari 19 laki-laki, satu perempuan itu berasal dari berbagai Lembaga Pemasyarakatan dan rumah tahanan di Sulut.(J009/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010