Jakarta (ANTARA/JACX) - Konten tulisan berjudul "Resesi di Depan Mata, Jokowi Minta Semua Gubernur Tiru Kerja Keras Anies Selamatkan Ekonomi" yang disiarkan situs TindoNews menjadi pembahasan warganet di media sosial Facebook, salah satunya adalah pemilik akun Facebook Surya Mandava

Warganet pengguna jejaring sosial itu turut mengunggah artikel TindoNews pada lini masa mereka dan sebagian disertai narasi sebagai berikut:

"Tp cebong" bilang Anies ga bisa kerja ?
Gmna ini bong, junjunganmu kok suruh niru orang yg ga bisa krja, cuma pandai mnata kta?"


Hingga Jumat (11/9), unggahan di akun Surya Mandava telah mendapatkan 15 komentar, direspon oleh 10 pengguna lainnya, serta dibagikan ulang sebanyak dua kali.

Namun, benarkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua gubernur untuk meniru kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selamatkan ekonomi?
 
Tangkapan layar artikel hoaks soal Jokowi minta kepala daerah tiru kinerja Anies. (TindoNews)


Penjelasan:
Dari hasil penelusuran, ANTARA menemukan fakta konten "Resesi di Depan Mata, Jokowi Minta Semua Gubernur Tiru Kerja Keras Anies Selamatkan Ekonomi" yang dipublikasikan TindoNews pada Kamis (10/9) pernah dimuat oleh situs daring bislaw.id pada Senin (7/9) dengan judul dan isi yang sama.

Kedua konten itu menyebut Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah untuk menggenjot perekonomian Indonesia karena pertumbuhan ekonomi pada Kuartal II 2020 minus 5,3 persen.

Jokowi, dalam konten itu, menyebut dua daerah yang merealisasikan belanja daerah yang cukup tinggi adalah Sumatera Barat dan DKI Jakarta.

Namun, tidak terdapat kalimat Presiden Jokowi mengarahkan kepala daerah lain untuk untuk mencontoh kinerja Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan guna menggenjot perekonomian daerah.

Dengan demikian, konten dalam situs bislaw.id serta TindoNews telah memuat informasi salah pada judul artikel, karena tidak sesuai dengan isi artikel.

Klaim: Jokowi minta semua gubernur tiru kerja Anies selamatkan ekonomi
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Ekonom dorong peningkatan konsumsi agar pertumbuhan ekonomi membaik

Baca juga: Legislator: Utamakan bansos secara tunai agar RI terhindar dari resesi

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020