Moskow (ANTARA News/Reuters) - Polisi antihuru-hara menangkap puluhan pemrotes anti-Kremlin, termasuk tokoh utama oposisi, Boris Nemtsov, di Moskow pusat, Minggu, tanpa mempedulikan seruan kelompok hak asasi Amnesti Internasional agar pawai dibiarkan berlangsung.

Sedikitnya 100 orang mengambil bagian dalam protes untuk menentang apa yang mereka sebut operasi lama Kremlin untuk melucuti hak konstitusional melakukan protes damai.

Pada pawai serupa Desember, polisi menahan aktivis era Sovyet yang berusia 82 tahun, Lyudmila Alexeyeva, yang mendorong kecaman dari pemerintah AS yang dipimpin Presiden Barack Obama.

Pihak berwenang Moskow mengatakan kepada penyelenggara bahwa even lain, "Keceriaan Musim Dingin", sedang berlangsung di pusat kota Moskow.

Kelompok-kelompok oposisi mengatakan, pemerintah secara rutin mengadakan even alternatif sebagai alasan untuk menolak memberi mereka akses ke lapangan pusat.

Nemtsov, seorang mantan Deputi PM, adalah pemimpin kelompok oposisi Solidaritas dan salah satu pengecam sengit Kremlin dan Perdana Menteri Vladimir Putin.(M014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010