Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas Milwaukee Bucks memiliki kesempatan untuk melaju ke semifinal Wilayah Timur saat mereka kembali melantai di gim kelima dari seri best-of-seven putaran pertama playoff NBA melawan Orlando Magic di gelembung NBA dekat Orlando, Sabtu petang (Minggu WIB).

Setelah mendapat kejutan 122-110 dari unggulan delapan Magic di gim pembuka, Bucks kemudian tampil trengginas untuk mencatat tiga kemenangan beruntun hingga unggul 3-1 yang menempatkan mereka di ambang pintu semifinal Wilayah Timur.

Unggulan kelima Miami Heat menunggu pemenang Milwaukee-Orlando di semi final.

Baca juga: NBA tunda pertandingan setelah boikot Bucks

Menurut statistik yang dirilis laman resmi NBA, Milwaukee Bucks menang tiga kali berturut-turut atas Orlando Magic dengan rata-rata 14,7 poin per kontes.

Bucks merebut kembali performa ciamik musim reguler mereka dalam tiga kemenangan beruntun itu. Mereka menembak 50,8 persen secara keseluruhan dan membuat 16 lemparan tiga angka per gim.

Seperti biasa, Giannis Antetokounmpo menjadi pendorong kemenangan, dengan rata-rata 31,3 poin, 15,3 rebound, dan 6,7 assist. Dia membuat 28 poin, 20 rebound di Gim kedua, kemudian memiliki 35 dan 31 poin dalam dua kemenangan terakhir.

Baca juga: Lakers kalahkan Blazers di "Hari Kobe Bryant" untuk memimpin 3-1

Pat Connaughton telah memberikan Bucks peningkatan yang bagus dari bangku cadangan dengan mencapai 60 persen dari tembakan 3 poinnya, serta rata-rata mencetak 8,0 poin per gim.

Vucevic mencetak rata-rata 27,7 poin dalam tiga kekalahan Orlando, tetapi dia mendapat sedikit bantuan yang berharga, terutama dari rekan-rekannya yang menjadi starter.

Evan Fournier, Markelle Fultz, Gary Clark dan James Ennis III jika digabungkan membuat 36 tembakan sukses 108 percobaan (33,3 persen) secara keseluruhan dalam tiga pertandingan terakhir.

Orlando sendiri harus memainkan seluruh seri tanpa forward andalan merekaAaron Gordon, yang tidak berhasil memulihkan diri dari cedera hamstring.

"Dia tidak bisa berlari atau sprint di lapangan," kata pelatih Magic Steve Clifford.

"Kemudian kekhawatiran lainnya adalah, karena sifat cederanya, satu hal yang kami sangat berhati-hati adalah kami tidak ingin sesuatu terjadi di mana dia memberi kompensasi dan melukai sesuatu yang lain atau berakhir dengan cedera yang signifikan."

Bucks sebenarnya memiliki kesempatan untuk menutup peluang Magic tiga hari sebelumnya, tetapi mereka memilih untuk tidak memainkan Gim kelima seperti yang dijadwalkan Rabu sebagai bentuk protes atas penembakan Jacob Blake di Kenosha, Wisconsin.

Keputusan Bucks memicu reaksi berantai. Atlet-atlet mengikuti langkah Bucks sehingga seluruh pertandingan NBA dan WNBA ditunda.

Major League Soccer, Major League Baseball, dan National Hockey League semuanya mengikuti dengan penundaan yang menghiasi hampir setiap liga olahraga profesional Amerika selama seminggu.

Bucks berlatih kembali Jumat, lalu memilih untuk fokus pada misi menyingkirkan Magic dengan membatalkan semua sesi pertemuan dengan media.

Baca juga: Trump mengatakan protes NBA akan menghancurkan bola basket

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020