Banda Aceh (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kota Sabang menyatakan warga terinfeksi virus corona di daerah Pulau Weh terus bertambah, sehingga masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam upaya meminimalisir penularan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kota Sabang Sajuddin, Kamis, mengatakan akhir-akhir ini kasus COVID-19 mengalami peningkatan yang begitu signifikan, maka pencegahannya hanya dengan cara menjalankan segala protokol kesehatan.

"Saat ini di Kota Sabang sudah bertambah lagi empat orang pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Sajuddin, di Kota Sabang.

Baca juga: Disabilitas di Sabang terima bantuan sepeda motor khusus

Baca juga: Perawat di Sabang positif terpapar COVID-19, Aceh lapor 110 kasus


Dia menjelaskan secara kumulatif warga Sabang yang terinfeksi sebanyak 16 orang, di antaranya lima orang dalam perawatan, tujuh orang sedang isolasi mandiri, dua orang sembuh dan dua lainnya meninggal dunia.

Menurut Sajuddin, Pemerintah Kota Sabang melalui GTPP COVID-19 terus menghimbau masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Terutama, lanjut dia, penggunaan masker setiap saat ketika beraktivitas yang telah menjadi kewajiban dalam masa kenormalan baru pandemi COVID-19, guna mencegah dan meminimalisir penyebaran virus yang menyerang paru-paru manusia itu.

"Kami terus mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker setiap keluar rumah, karena ini merupakan hal yang wajib di masa pandemi sekarang ini selain tetap menjaga jarak dan mencuci tangan," ujarnya.*

Baca juga: Nihil COVID-19 warga Sabang diminta tetap patuhi protokol kesehatan

Baca juga: Aceh lapor kasus COVID-19 bertambah enam orang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020