Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melayat mantan menteri keuangan era orde baru, Franciscus Xaverius Seda, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Frans Seda.

Presiden yang didampingi Ani Yudhoyono berada di rumah duka Jalan Metro Kencana V, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat, sekitar 30 menit.

Frans Seda yang telah menjabat menteri sejak era Presiden pertama Soekarno dan menjabat menteri keuangan pada masa orde baru itu meninggal dunia pada usia 84 tahun pada Kamis 31 Desember 2009.

Frans Seda sempat dirawat di rumah sakit Pondok Indah pada 30 November hingga 18 Desember 2009 dengan keluhan sakit tenggorokan dan sulit menelan.

Menurut rencana, Frans dimakamkan pada Sabtu 2 Januari 2009 di pemakaman San Diego Hills, Karawang.

Usai melayat, Presiden menyampaikan sambutan singkat mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Frans yang dikenal sebagai tokoh tiga jaman.

"Kita kenal beliau adalah tokoh tiga jaman, sudah menjabat menteri di era Bung Karno, menjadi menteri di berbagai portofolio di masa Pak Harto, dan di era reformasi berkontribusi dalam perkembangan demokrasi di era baru ini," tuturnya.
(*)

Presiden yang melayat didampingi Menko Polhukam Djoko Suyanto juga menilai Frans Seda sebagai pemikir produktif yang sering melontarkan pandangan kritis namun inspiratif untuk kepentingan pembangunan.

(T.D013/

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010