Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh tetap melaksanakan kegiatan upacara HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia (RI), meski di tengah wabah pandemi COVID-19 di halaman kantor Gubernur Provinsi Aceh, Senin.

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari kemerdekaan, dan dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh, perwakilan dari aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, dan unsur lainnya.

"Semangat hari ulang tahun kemerdekaan tetap tertancap di dada kita sehingga dalam suasana yang prihatin pun, COVID-19, kita tetap melanjutkan tugas-tugas negara walaupun harus dikondisikan sesuai protokol kesehatan," kata Nova, di Banda Aceh.

Peringatan HUT RI berlangsung khidmat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona. Bahkan, seluruh peserta upacara memakai masker pelindung wajah dan jumlah peserta upacara juga dibatasi.

Baca juga: MRT Jakarta apresiasi BI atas peluncuran uang khusus HUT RI ke-75

Baca juga: Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Sangihe hanya dihadiri TNI-Polri


Usai memimpin upacara, Nova juga menyerahkan cenderamata secara simbolis kepada enam penerima dari keluarga pahlawan, veteran dan purnawirawan.

Nova berpesan kepada masyarakat Aceh agar terus menjaga diri, guna terhindar dari infeksi virus corona, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Saya berpesan, tingkat resiko kita termasuk yang paling tinggi untuk saat ini di Indonesia," kata Nova.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, sedikit lebih awal dari Pemerintah Pusat di Istana Merdeka, Jakarta. Usai upacara secara langsung, Nova bersama Forkopimda Aceh lainnya mengikuti upacara virtual, dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka.

Forkopimda Aceh yang hadir seperti Wali Nanggroe Malik Mahmud, Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Muhammad Yusuf, Sekda Aceh Taqwallah, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, serta unsur lainnya.*

Baca juga: BI: Uang HUT ke-75 RI alat pembayaran sah dan bisa dipesan daring

Baca juga: Peziarah datangi TMPUN Kalibata untuk kenang jasa pahlawan

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020