Sanaa (ANTARA News/AFP) - Kedutaan Besar Inggris di Sanaa menjadi sasaran rencana serangan bunuh diri Al-Qaeda yang digagalkan aparat keamanan Yaman pekan lalu, kata sebuah situs yang terkait dengan kementerian pertahanan, Kamis.

Sebuah sel Al-Qaeda yang dihancurkan pekan lalu di Arhab, 35 kilometer sebelah utara ibukota Yaman tersebut, "bertujuan menyusup dan meledakkan sasaran-sasaran yang mencakup Kedutaan Besar Inggris, kepentingan asing dan bangunan pemerintah", menurut sebuah pernyataan yang dipasang di situs 26Sep.net surat kabar kementerian itu.

"Operasi itu berada dalam tahap akhir (persiapan)... Sebuah kelompok delapan penyerang bom bunuh diri akan melancarkan serangan dengan menggunakan sabuk peledak dan dua bom mobil," kata pernyataan itu mengutip sumber-sumber keamanan.

Serangan terhadap Kedutaan Besar Inggris akan dilakukan seperti operasi terhadap Kedubes AS pada 2008 yang menewaskan 16 orang, katanya.

Secara keseluruhan, operasi-operasi terkoordinasi terhadap Al-Qaeda di Arhab, Sanaa dan provinsi wilayah selatan, Abyan, pada 17 Desember menewaskan 38 tersangka militan. Sebanyak 29 orang lagi ditangkap.

Angkatan Udara Yaman melancarkan serangan baru terhadap Al-Qaeda, Kamis, menewaskan 34 tersangka anggotanya, termasuk pemimpin-pemimpin senior, di sebuah distrik pegunungan terpencil di provinsi Shabwa, Yaman bagian timur, kata satu sumber keamanan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009