Bandung (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan berbeda dengan sidang tahunan sebelumnya, dalam Sidang Tahunan MPR RI pada 14 Agustus 2020 mendatang, lembaga negara akan menyerahkan laporan kinerjanya kepada Pimpinan MPR RI. 

"Selanjutnya, laporan kinerja lembaga negara tersebut akan dipublikasikan secara daring oleh MPR RI," kata Bamsoet dalam acara Media Expert Meeting, di Bandung, Jumat. 

Dia mengatakan, sebenarnya pimpinan MPR RI telah sepakat pada Sidang Tahunan MPR RI 2020, para pimpinan lembaga negara dapat menyampaikan laporan kinerjanya langsung ke masyarakat.

Namun menurut dia, karena pandemi COVID-19, hal tersebut belum bisa dilaksanakan sehingga setelah laporan kinerja lembaga negara diterima, pimpinan MPR RI akan mempublikasikan secara daring dengan menggunakan youtube, video streaming ataupun media sosial lainnya.

Baca juga: MPR publikasikan laporan tahunan lembaga negara secara daring
Baca juga: Bambang Soesatyo: Sidang Tahunan MPR akan dilaksanakan sederhana
Baca juga: HNW: Sidang Tahunan MPR berikan pelajaran politik bangsa


"Setelah pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI, pihaknya akan mendatangi dan meminta pimpinan lembaga negara membacakan laporan kinerjanya untuk direkam. Rekaman inilah yang akan dipublikasikan secara daring oleh MPR RI," ujarnya.

Dia mendorong mendorong pimpinan lembaga negara bisa menyampaikan secara langsung laporan kinerjanya kepada masyarakat.

Menurut dia, lembaga negara yang belum bisa memberikan laporan kinerjanya secara langsung pada Sidang Tahunan MPR RI akibat COVID-19, dapat disampaikan secara daring, tanpa mengurangi subtansi laporan kinerja lembaga negara yang dibacakan Presiden dalam Sidang Tahunan MPR RI.

Dalam acara Media Expert Meeting tersebut juga dihadiri Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad. Sedangkan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid hadir secara virtual.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020