Jakarta (ANTARA) - Pengacara Djoko S Tjandra, Anita Dewi Anggraeni Kolopaking tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Bareskrim Mabes Polri untuk diperiksa sebagai tersangka dalam kasus pelarian Djoko Tjandra.

Pemeriksaan terhadap Anita sedianya diagendakan pada Selasa pukul 09.00 WIB di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta.

"Yang bersangkutan tidak datang," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo saat dikonfirmasi, Selasa.

Baca juga: Anita Kolopaking akan diperiksa sebagai tersangka kasus Djoko Tjandra

Baca juga: Bareskrim jadwalkan pemeriksaan pengacara Anita Kolopaking Jumat


Sementara itu, Karo Penmas Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono dalam video konferensi pers, Selasa, menjelaskan bahwa Anita tidak bisa datang memenuhi panggilan penyidik lantaran memiliki kegiatan lain yang waktunya bersamaan dengan jadwal pemeriksaan.

"Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 3 dan 4 Agustus 2020 yang bersangkutan ada kegiatan terkait dengan permintaan keterangan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban atau LPSK yang waktunya bersamaan dengan jadwal pemeriksaan yang bersangkutan sebagai tersangka," kata Awi.

Awi mengatakan bahwa Anita telah mengirim surat kepada Dirtipidum Bareskrim Polri terkait permohonan penjadwalan ulang pemeriksaan.

"Tentunya nanti penyidik akan menjadwalkan ulang dan memanggil yang bersangkutan dengan surat panggilan kedua dan terkait dengan kapan jadwal pemanggilan ulang tentunya sepenuhnya merupakan kewenangan penyidik," ucap Awi.

Baca juga: Anita Kolopaking ditetapkan tersangka usai gelar perkara

Baca juga: Bareskrim tetapkan Anita Kolopaking sebagai tersangka


Anita Dewi Anggraeni Kolopaking telah ditetapkan sebagai tersangka kasus surat jalan palsu yang diterbitkan Brigjen Pol Prasetijo Utomo untuk klien Anita, Djoko Tjandra.

Anita adalah salah satu kuasa hukum Djoko Tjandra.

Dalam penetapan tersangka itu, Anita Kolopaking disangkakan dengan Pasal 263 (2) dan Pasal 223 KUHP.

Dalam kasus ini, penyidik telah menyita sejumlah barang bukti di antaranya surat jalan palsu dan surat pemeriksaan COVID-19 atas nama Djoko Tjandra.

Baca juga: Anita Kolopaking penuhi panggilan pemeriksaan Kejagung

Baca juga: Kabareskrim: Akan ada proses hukum lanjutan pascapencegahan Anita

Baca juga: Anita Kolopaking dijadwalkan kembali diperiksa Bareskrim hari ini

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020