Jakarta (ANTARA) - Napoli resmi mendatangkan Victor Osimhen dari klub Liga Prancis Lille, demikian diumumkan presiden klub Aurelio de Laurentiis melalui laman resmi klub, Jumat.

Ia diikat kontrak berdurasi lima tahun oleh Partenopei. "SSC Napoli dengan suka cita mengumumkan perekrutan Victor Osimhen dari Lille dengan transfer permanen," demikian pernyataan Napoli.

Baca juga: Napoli yakin dua pemain Lille bakal jadi miliknya

Penyerang Nigeria 21 tahun itu menjadi salah satu pemain Afrika termahal sepanjang masa, ia dilaporkan didatangkan dengan biaya transfer 60 juta euro termasuk bonus-bonus, sedangkan kiper Orestis Karnezis pindah ke Lille sebagai bagian dari kesepakatan.

Osimhen sejauh ini juga menjadi pemain termahal dalam sejarah Napoli, melampaui biaya transfer sebesar 38 juta euro yang dikeluarkan Napoli untuk mendatangkan Hirving Lozano dari PSV Eindhoven tahun lalu.

Sang pemain telah menjalani tes medis di Roma pada 18 Juli, dan akan diperkenalkan ke media di Naples setelah ia menyelesaikan libur musim panasnya.

Ia akan mengenakan kaus bernomor punggung sembilan, yang pada musim lalu dikenakan oleh Fernando Llorente.

Negosiasi untuk mendaratkan Osimhen di Napoli telah berlangsung selama musim panas. Proses itu sempat menemui jalan buntu akibat perselisihan dengan agennya, namun kemudian dapat dilanjutkan dengan perwakilan pemain yang berbeda.

Baca juga: Roma-Napoli main di fase grup Liga Europa, Milan dari kualifikasi

Osimhen sempat disebut-sebut diminati sejumlah klub Liga Inggris, khususnya Arsenal, Liverpool, dan Manchester United, namun Napoli yang beruntung bisa mendapatkan jasa pemain 21 tahun itu.

Sang pemain merupakan hasil didikan Ultimate Strikers Academy di Lagos, Nigeria, dan menjadi pemain profesional sejak berusia 18 tahun dengan bergabung ke klub Jerman Wolfsburg.

Ia menghabiskan musim 2017/2018 di Jerman sebelum pindah ke Charleroi sebagai pemain pinjaman pada musim berikutnya. Ia meraih kesuksesan di Liga Belgia, dengan catatan 20 gol dari 36 penampilan.

Lille kemudian merekrutnya pada musim panas 2019, dan ia mencatatkan 38 penampilan dengan 18 gol selama membela klub Prancis itu.

Osimhen tercatat membantu Nigeria memenangi Piala Dunia U-17 pada 2015, ketika ia menyelesaikan turnamen itu sebagai pemain tersubur dengan sepuluh golnya. Ia melakukan debut di timnas senior Nigeria pada Juni 2017, dan sejauh ini telah mencatatkan sepuluh penampilan dan empat gol di timnas.

Baca juga: Inter hantam Napoli dua gol tanpa balas untuk rebut peringkat kedua

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020