Jakarta (ANTARA) - Mantan bintang lapangan tengah Italia Andrea Pirlo ditunjuk sebagai pelatih baru tim Juventus U-23, demikian diumumkan pihak klub melalui laman resminya, Kamis.

"Petualangan baru untuk Andrea Pirlo dan Juventus dimulai hari ini. Setelah lima tahun kami kembali bekerja bersama," demikian pernyataan Juventus.

"Faktanya Andrea merupakan pelatih baru tim U-23. Tantangan berada di depan kami, kepulangan yang menggembirakan. Selamat datang kembali, pelatih Pirlo!"
 
Rumor perihal kembalinya Pirlo ke Juve sudah beredar sejak Juni silam. Saat itu ia santer diberikan akan melatih tim U-23 Juventus dengan didampingi mitra lamanya Roberto Baronio sebagai asisten pelatih.

Baca juga: Pirlo dikabarkan "pulang" ke Juventus, tangani tim U-23
Baca juga: Juventus rilis jersey baru untuk musim 2020/2021

Namun, saat itu Pirlo sempat mengelak dan mengatakan dirinya lebih cocok untuk melatih pemain-pemain senior ketimbang pemain muda.

Pirlo pensiun dari sepak bola profesional pada 2017, dengan menjadikan klub Liga AS New Yok City sebagai klub yang terakhir kali ia perkuat. Setelah itu pemain yang turut membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 itu mulai mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikat kepelatihan.

Sepanjang kariernya, Pirlo pernah menjadi andalan untuk tiga klub papan atas Italia, yakni AC Milan, Inter Milan, dan tentu saja Juventus.

Baca juga: Ibrahimovic samakan diri dengan Benjamin Button
Baca juga: Peluang Ronaldo jadi top skor menipis saat Juve ditundukkan Cagliari

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020