Jakarta (ANTARA/JACX) - Potret Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diunggah seorang pengguna Facebook pada Senin (13/7).

Kedua tokoh itu terlihat seperti sedang berdiskusi dan ditampilkan layaknya komik, lengkap dengan balon percakapan.

Dalam foto tersebut, Kepala Negara menggunakan jas dan peci hitam, yang dilengkapi dengan dasi merah. Sementara itu, Menhan Prabowo terlihat memakai jas abu-abu dan peci hitam.

Gambar tersebut juga memperlihatkan ilustrasi percakapan Presiden Jokowi dengan mantan rivalnya pada Pemilihan Umum 2019 itu.

Berikut narasi unggahan Facebook itu:

Prabowo    : Tugas saya apa pak?
Jokowi       : Tugas pertamamu bubarkan FPI dan basmi kadal gurun
Prabowo    : Siap


Hingga Senin malam, unggahan itu telah direspon oleh 113 pengguna lain, dikomentari 24 kali, serta dibagikan ulang oleh 13 pengguna lainnya.

Namun, benarkah Presiden Jokowi menugaskan Menhan Prabowo untuk membubarkan Front Pembela Islam (FPI)?
 
Tangkapan layar hoaks Presiden Jokowi tugaskan Menhan Prabowo bubarkan FPI (Facebook)


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA pada mesin pencarian berita, tidak terdapat rekam jejak pemberitaan di media arus utama manapun, yang menyatakan Presiden Jokowi pernah menugaskan Menhan Prabowo untuk membubarkan FPI.

ANTARA juga menelusuri gambar yang diunggah oleh pengguna Facebook itu. Dari hasil pencarian, diketahui foto tersebut dikeluarkan oleh Sekretariat Presiden, yang juga dipublikasikan ANTARA FOTO pada 16 Oktober 2017.

Dalam keterangan foto disebutkan Presiden Jokowi saat itu sedang berbincang dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Tidak hanya berdua, momentum pada 2017 itu juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Dijelaskan pula gambar itu diambil seusai pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Istana Negara, Jakarta, pada 16 Oktober 2017.

Dari penjelasan tersebut, diketahui foto yang diunggah pengguna Facebook itu telah melalui tahap penyuntingan. Selain itu, ilustrasi percakapan antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo juga berisi informasi bohong atau hoaks.

Pasalnya, saat foto tersebut diambil, Prabowo Subianto belum mengemban jabatan sebagai Menteri Pertahanan RI. Prabowo dilantik sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019, atau dua tahun setelah foto tersebut dipublikasikan. 

Klaim: Jokowi tugaskan Prabowo bubarkan FPI
Rating: Salah/Disinformasi

Cek Fakta: Hoaks, Jokowi pakai Rp38,5 triliun dana haji

Cek Fakta: Benarkah PDIP minta Presiden Jokowi diperiksa KPK?

Cek Fakta: FPI bubar dan ingin bergabung dengan NU? Ini faktanya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020