Yang telah menyelesaikan pelatihan 495 ribu, yang dapat insentif ada 476 ribu
Jakarta (ANTARA) - Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengungkapkan sejumlah prosedur harus diperhatikan peserta agar insentif bisa segera dicairkan antara lain dengan cara mengikuti pelatihan.

"Yang telah menyelesaikan pelatihan 495 ribu, yang dapat insentif ada 476 ribu," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin.

Ia merinci prosedur agar insentif segera cair di antaranya peserta yang sudah mengikuti pelatihan, memberikan ulasan dan peringkat atas pelatihan yang diberikan.

Prosedur ini diharapkan menjadi evaluasi langsung yang disampaikan dari peserta sekaligus sebagai bagian transparansi pelatihan khususnya kepada peserta berikutnya.

"Karena rating buat peserta yang lain bisa memilih atas dasar pengalaman teman terdahulu, ini cara evaluasi yang langsung dan cepat dari penggunanya, ini bermanfaat bagi kami," imbuh Denni.

Prosedur lain yang menjadi perhatian adalah rekening atau dompet elektronik (e-wallet) yang ditautkan untuk menerima insentif harus dalam keadaan aktif.

Selanjutnya, lanjut dia, nomor induk kependudukan (NIK) yang dimasukkan dalam proses tautan rekening atau dompet elektronik itu harus sama dengan NIK ketika mendaftarkan.

Jika menggunakan dompet elektronik, kata dia, peserta harus memperbaharui atau melakukan upgrade sistem tersebut agar sang penerima insentif memang merupakan peserta program.

"Ini untuk memastikan bahwa itu betul-betul anda bukan orang lain karena ini verifikasi secara digital. Tapi kalau rekening bank, maka tidak perlu karena langsung data diri sendiri," katanya.

Begitu juga nomor telepon seluler tidak boleh diganti atau harus sama dengan nomor ketika digunakan mendaftar pertama kali.

"Pastikan jangan berubah sampai enam bulan ke depan karena insentif berturut-turut dibayarkan dan masih ada survei dilakukan sampai enam bulan ke depan," katanya.

Denni mengatakan manajemen sudah mengumumkan langkah-langkah tersebut melalui sejumlah kanal di antaranya Instagram resmi Kartu Prakerja dan sosialisasi dalam berbagai kesempatan.

Baca juga: Program Kartu Prakerja gelombang IV dibuka akhir Juli 2020
Baca juga: Mulai Agustus, pelatihan luring Kartu Prakerja diawali di zona hijau

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020