Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto mantan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon lengkap dengan jas hitam, dasi merah, dan peci, belum lama ini diunggah oleh seorang pengguna Facebook dan dikaitkan dengan kabar perombakan kabinet atau reshuffle.

Dalam unggahan itu, terdapat pula narasi politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tersebut akan mendapatkan jatah menteri pada perombakan kabinet.

Berikut narasi yang menyertai unggahan foto Fadli Zon itu:
 
"Reshuffle sebntar lagi...om fadli dpt jatah mentri nih...????mentri apa om cocok nya..!?..gerindra jatah jadi 3 .ya....wah ..sip. good luck om,." 

Hingga Senin (6/7), kiriman di lini masa pengguna media sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut terlihat telah direspon oleh 25 pengguna lain serta mendapatkan 50 komentar.

Namun, benarkah Fadli Zon akan menjadi salah satu menteri jika terdapat perombakan kabinet?
 
Tangkapan layar unggahan hoaks Fadli Zon yang disebut dapat jatah menteri. (Facebook)


Penjelasan:
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam video rapat yang dipublikasikan Sekretariat Presiden pada 28 Juni 2020 memang memberikan peringatan bagi para menteri Kabinet Indonesia Maju, terkait kemungkinan perombakan kabinet atau reshuffle.

Menurut Kepala Negara, menteri yang masih bekerja biasa-biasa saja pada masa pandemi COVID-19 bisa diganti. Bahkan, lembaga dan badan negara yang tidak beradaptasi dengan perubahan pada masa COVID-19 juga berpeluang untuk dibubarkan.

Walau demikian hingga Senin (6/7), Presiden Jokowi belum mengeluarkan pengumuman resmi apakah akan merombak kabinet.

Maka, narasi tentang Fadli Zon akan menjadi menteri dalam kabinet merupakan kabar bohong.

Klaim: Fadli Zon dapat jatah menteri

Rating: Salah/Disinformasi

Cek fakta: Ahok gantikan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN?

Baca juga: Stabilitas politik baik, Pramono kehilangan Fadli dan Fahri

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020