Penangkapan tadinya agak sulit karena posisi ularnya dan lokasinya agak sempit
Jakarta (ANTARA) - Petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Selatan sektor Pesanggrahan mengevakuasi seekor ular sanca sepanjang 2,5 meter yang bersembunyi dalam saluran pembuangan cucian piring di dapur milik warga, Kamis.

Sebanyak lima personel dikerahkan ke lokasi kejadian di Komplek Perumahan PU jalan RC Veteran Blok A, RT 005/RW 012, Kelurahan Pesanggrahan untuk mengevakuasi ular tersebut.

Novie Andri Wibawa, petugas Damkar Sektor Pesanggrahan menyebutkan, proses evakuasi selesai dilakukan pukul 16.50 WB, ular berhasil dikeluarkan dari saluran pembuangan dapur warga.

"Penangkapan tadinya agak sulit karena posisi ularnya dan lokasinya agak sempit," kata Novie.

Ular tersebut dilaporkan masuk lewat selokan pembuangan, lalu menuju paralon saluran pembuangan tempat cuci piring.

Asisten rumah tangga saat hendak mencuci piring heran, karena air cucian piring meluber keluar tempat cucian, ketika dibuka ternyata ada ular.

"Ular masuknya dari selokan pembuangan, ketahuannya oleh pemilik rumah di situ ada ular, karena saluran pembuangan airnya meluap," kata Novie.

Evakuasi dilakukan dengan memancing ular keluar dari saluran dan membongkar saluran pembuangan air.

Setelah berhasil dievakuasi, ular sanca tersebut dibawa ke markas Damkar Sektor Pesanggrahan untuk selanjutnya diserahkan ke komunitas reptil.

Baca juga: Damkar Jaksel evakuasi sanca batik dalam paralon pada Kamis dini hari
Baca juga: Ular sanca tiga meter tempati gerobak motor PPSU

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020