Solo (ANTARA News) - Sebanyak 50 seniman dari 31 negara akan tampil pada pentas kesenian dan kebudayaan Indonesia bertajuk "Indonesian Channel" di Pamedan Puri Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/10).

"Para seniman asing tersebut akan menampilkan kesenian-kesenian pertunjukan yang dimiliki Bangsa Indonesia," kata Direktur Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri, Umar Hadi di Solo, Sabtu.

"Pada sesi pertama, mereka akan menampilkan kesenian-kesenian lokal yang ada di sejumlah daerah di Indonesia," kata dia.

Pada sesi kedua, mereka akan mengkolaborasikan kesenian-kesenian lokal tersebut dalam beberapa bentuk penampilan.

Selain seni pertunjukan, Indonesian Channel akan memamerkan hasil-hasil kerajinan khas empat daerah tersebut yang dibuat oleh para pelajar tersebut, seperti wayang dan batik, dari 50 pelajar tersebut.

Pertunjukan kebudayaan Indonesia yang akan ditampilkan, adalah hasil belajar 50 seniman asing itu Saung Angklung Ujo di Bandung, Sanggar Seni Semarandana di Denpasar Bali, Sanggar Seni Soerya Soemirat di Solo, dan Sanggar Seni Sekar Setaman Yogyakarta.

Dia mengatakan, para peserta belajar kebudayaan di Indonesia selama tiga bulan sejak awal Agustus 2009.

Pentas seni Indonesian Channel adalah bagian dari program Departemen Luar Negeri Republik Indonesia dalam memberikan beasiswa kepada para seniman yang berasal dari negara-negara sahabat Indonesia. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009