Ankara (ANTARA News/Reuters) - Perompak Somalia telah membebaskan seorang awak sebuah kapal Turki yang dibajak Juli di Teluk Aden setelah perusahaan kapal itu membayar uang tebusan, media Turki mengatakan, Senin.

Horizon 1 sekarang menuju ke arah Jordania setelah para perompak turun dari kapal itu, kata pengacara perusahaan kapal Horizon Nilgun Yamaner mengatakan seperti dikutip oleh lembaga siaran NTV.

"Kapal itu sedang menuju ke arah Jordania. Awaknya kemuidan akan dibawa dengan pesawat," Yamaner seperti dikutip mengatakan.

Ayah kapten kedua memastikan pada CNN berbahasa Turki bahwa awak itu telah dibebaskan setelah pembayaran uang tebusan yang tak diungkapkan.

Geng-geng dari Somalia -- beberapa terdiri atas para bekas nelayan yang marah karena kehadiran kapal pencari ikan asing di perairan mereka -- telah menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan dengan menangkap kapal di jalur pelayaran yang meghubungkan Eropa dengan Asia itu.

Serangan perompak terus terjadi meskipun ada patroli oleh angkatan-angkatan laut asing di lepas pantai negara Tanduk Afrika yang tak patuh hukum itu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009