Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 344 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) di kapal pesiar MV Veendam berhasil dievakuasi dan telah tiba di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin siang.

"Pelaksanaan pukul 07.30 WIB sampai dengan 12.25 WIB. Jumlah ABK WNI MV. Veendam 344 org, terdiri laki-laki 311 orang dan perempuan 33 orang," ujar Perwira Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian dalam Keterangannya di Jakarta, Senin.

Aris menjelaskan, para ABK tersebut diangkut menggunakan tiga "thunder boat" dari Kapal Pesiar MV Veendam menuju Dermaga JICT II.

Baca juga: Tiga bulan menanti, 20 WNI ABK di Prancis akhirnya pulang ke tanah air
Baca juga: Selama pandemi, 114.587 WNI telah kembali ke Tanah Air, sebut Menlu
Baca juga: 434 orang ABK MV Eurodam tiba di Pelabuhan Tanjung Priok


Setibanya di dermaga, petugas langsung menyemprotkan disinfektan ke seluruh tubuh maupun barang-barang yang dibawa para ABK tersebut.

Barang-barang bawaan ABK itu sebelumnya juga telah dipindai menggunakan sinar X yang disiapkan pihak Bea Cukai.

Para ABK tersebut kemudian diangkut menggunakan 17 bus menuju Hotel Grand Mercure Harmoni, untuk selanjutnya menjalani karantina.

"Swab test dilaksanakan tiba di hotel," kata Aris.

Kegiatan evakuasi ABK MV Veendam turut dihadiri Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Richard Tàmpubolon, Asops Kas Kogabwilhan-I Brigjen TNI Suhardi, dan Danlantamal III/Jkt Brigjen TNI ( Mar ) Hermanto, yang juga selaku Dansatgas.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020