saya ingin mengingatkan kembali untuk mendorong bisnis ritel supaya bisa beradaptasi dengan pola peralihan sistem transaksi di masa mendatang
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Agus Suparmato mengingatkan kembali kepada pelaku bisnis ritel untuk beradaptasi dengan ekosistem digital selama masa normal baru.

"Sebenarnya saya ingin mengingatkan kembali untuk mendorong bisnis ritel supaya bisa beradaptasi dengan pola peralihan sistem transaksi di masa mendatang," ujar Mendag Agus dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis.

Menurut Mendag, bisnis ritel tidak hanya fokus pada bisnis offline, melainkan juga masuk ke dalam ekosistem bisnis digital. Memadukan penjualan online dan offline.

Dia juga kembali mengingatkan agar seluruh masyarakat baik konsumen maupun pedagang serta pengelola bisnis ritel ini untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Saya rasa dengan normal baru ini, kita harus memiliki semangat baru atau new spirit. Semoga apa yang kita lakukan berjalan dengan baik," kata Mendag Agus.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan menyatakan segera mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) untuk memudahkan kegiatan para pelaku usaha perdagangan elektronik (e-commerce).

Agus Suparmanto mengatakan Permendag yang akan diterbitkan tersebut turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Peraturan Pemerintah Nomor 80/2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PP PMSE) itu diterbitkan untuk mendorong perkembangan e-commerce yang berkelanjutan di Tanah Air.

Selain itu, regulasi tersebut bertujuan meningkatkan perdagangan produk dalam negeri dan mendorong peningkatan ekspor secara daring.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan Permendag turunan PP 80/2019 itu sesegera mungkin diterbitkan untuk melindungi pelaku usaha dan konsumen, mengingat perkembangan niaga elektronik yang begitu dinamis.

Baca juga: Pulihkan konsumsi nasional, Mendag bakal beri insentif kepada ritel
Baca juga: Mendag sebut normal baru momentum ekonomi nasional bangkit
Baca juga: Mendag: Pembukaan pasar tradisional untuk aktifkan produksi petani

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020