Jadi 9 orang yang reaktif itu dipastikan positif COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak sembilan pedagang di Pasar Serdang, Kemayoran positif COVID-19 usai mengikuti rangkaian pemeriksaan mulai dari tes cepat hingga tes usab pada pekan lalu bersama Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Jadi 9 orang yang reaktif itu dipastikan positif COVID-19. Dari 180 orang yang menjalani pemeriksaan, 9 orang positif," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Buana saat ditemui di Puskesmas Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa.

Buana mengatakan mereka cukup patuh mengikuti instruksi dari Puskesmas Kecamatan Kemayoran usai mengetahui kondisi kesehatannya yang terpapar COVID-19.

"Mereka, kami minta langsung untuk isolasi mandiri. Mereka cukup patuh," kata Buana.

Dokter Buana juga menegaskan, selain meminta para pedagang itu untuk mengisolasi mandiri, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap seluruh anggota keluarga dan orang-orang sekitar yang berinteraksi dengan pasien bersangkutan.

Baca juga: Hasil tes cepat, 9 pedagang Pasar Serdang reaktif

"Kami lakukan pemeriksaan juga ke anggota keluarganya hingga tetangganya. Itu mereka yang berinteraksi dengan kasus positif, kita lacak juga," kata Buana.

Sebelumnya, pada Rabu (3/6), Kelurahan Serdang melakukan kegiatan tes cepat massal karena dipicu salah seorang pedagang di pasar itu dinyatakan positif COVID-19.

Kegiatannya dilakukan di Gedung Gelanggang Remaja Kemayoran yang diselenggarakan oleh tenaga medis dari Puskesmas Kemayoran.

Lurah Serdang, Rizka mengatakan satu pedagang pertama yang diketahui positif COVID-19 itu dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19 Wisma Atlet.

Baca juga: Satpol PP Jakarta Pusat razia Pasar Malam Jiung Kemayoran

Dari pemeriksaan tes cepat itu diketahui 171 orang nonreaktif dan 9 orang harus menjalani pemeriksaan lanjutan dan dinyatakan positif COVID-19.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020