Jakarta (ANTARA News) - Ormas Orang Indonesia (OI), organisasi beranggotakan para penggemar penyanyi Iwan Fals, akan menggelar Konser Kemerdekaan bertajuk "Introspeksi: Hidup Bersama Harus Dijaga" di Panggung Arsipel, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (16/8) malam.

Siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, menyebutkan, Konser kemerdekaan yang digelar bekerja sama dengan Tiga Rambu dan MCPro itu digelar dalam rangka ulang tahun OI yang ke-10, sekaligus untuk memperingati HUT ke-64 Kemerdekaan RI.

Konser ini akan menampilkan "Iwan Fals dan Band". Menurut Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Oi, Digo Zulkifli, selain acara konser yang menampilkan penyanyi sekaligus pendiri OI, Iwan Fals, peringatan HUT OI juga diramaikan dengan Jambore Nasional yang pesertanya adalah anggota OI dari berbagai penjuru Tanah Air.

Menurut dia, tidak kurang dari 1.200 anggota OI dari berbagai daerah di Indonesia akan melakukan kegiatan Jambore pada 15-16 Agustus 2009.

Digo mengatakan, Jambore Nasional OI dilaksanakan tiga tahun sekali. Sejak berdirinya tahun 1999, katanya, OI sudah melaksanakan tiga kali kegiatan Jambore Nasional dan Konser Kemerdekaan 2009 merupakan acara puncak dari kegiatan Jambore Nasional OI, sekaligus persembahan BPP (OI) untuk semua anggota OI di manapun berada khususnya, dan rakyat Indonesia umumnya.

Berkaitan dengan tema konser "Introspeksi: Hidup Bersama Harus Dijaga", Digo mengemukakan, tema tersebut sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini.

Segenap komponen bangsa Indonesia perlu melakukan introspeksi atas berbagai persoalan sosial kemasyarakatan dan negara yang terus membelit kehidupan bangsa.

Menurut dia, semua pihak perlu melakukan introspeksi mengapa musibah dan bencana, baik yang disebabkan oleh alam maupun oleh kelalaian manusia datang silih berganti menghampiri bangsa Indonesia.

Lebih lanjut Digo mengemukakan, perlunya menjaga rasa kebersamaan dalam kehidupan anak bangsa untuk mengatasi berbagai persoalan, musibah, dan bencana itu. Karena tanpa kebersamaan di antara komponen bangsa, katanya, mustahil bangsa Indonesia bisa mengatasi persoalan yang ada.

Tema "Hidup Bersama Harus Dijaga" merupakan potongan kata dari puisi almarhum WS Rendra yang berjudul "Kesaksian", yang oleh kelompok musik Kantata Taqwa kemudian dijadikan salah satu lagu dalam album pertama mereka.

Dalam konser itu sendiri Iwan Fals & Band akan membawakan lagu-lagu dari album lama dan baru yang sejalan dengan tema yang diusung OI itu. Selain lagu "Kesaksian", Iwan Fals akan membawakan lagu "Bangunlah Putra Putri Ibu Pertiwi", "Negara", "Rubah", dan sejumlah lagu lainnya yang sangat akrab di telinga penggemarnya. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009