Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Hasani Abdulgani mengatakan, dirinya akan fokus menunaikan tugas di PSSI setelah memutuskan mundur sebagai komisaris PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Saya akan fokus di PSSI. Apalagi saya memiliki banyak pekerjaan di sini,"ujar Hasani kepada Antara di Jakarta, Senin.

Selain menjadi anggota Exco, Hasani menjabat sebagai wakil ketua di dua komite yaitu Komite Wasit dan Komite Keuangan.

Di dua komite itu, dia bekerja sama dengan Sonhadji yang menjabat sebagai ketua. Sonhadji sendiri juga mundur dari jabatannya sebagai komisaris utama PT LIB.

Hasani dan Sonhadji resmi tak lagi berada di LIB setelah permintaan mereka untuk mundur disetujui para pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa LIB yang berlangsung secara virtual pada Senin (18/5).

Pengunduran diri

RUPS juga menyepakati mundurnya Cucu Somantri dari jabatan direktur utama dan satu komisaris lain yakni Hakim Putratama.

Baca juga: Cucu Somantri dan tiga komisaris resmi mundur dari LIB

Terkait alasan pengunduran dirinya, Hasani menegaskan bahwa dia ingin memberikan kesempatan kepada anggota Exco PSSI lain untuk mengisi posisi itu.

"Saya mau beristirahat dahulu. Jadi gantian sama anggota exco yang lain biar mereka juga bekerja kan. Nanti, kan, lebih enak diskusinya kalau mereka sudah memiliki pengalaman," tutur Hasani.

Sebelum tiga komisarisnya mundur, LIB memiliki enam komisaris hasil RUPS pada 23 Januari 2020 di Bali yaitu Sonhadji sebagai komisaris utama, lalu di kursi komisaris ada Munafri Arifuddin, Ferry Paulus, Hasani Abdulgani, Endri Irawan dan Hakim Putratama.

Dari enam komisaris tersebut, tiga di antaranya merupakan perwakilan dari PSSI di LIB yaitu Sonhadji, Hasani Abdulgani dan Endri Irawan. Mereka merupakan anggota Exco PSSI periode 2019-2023.

Dengan demikian, pengganti Sonhadji dan Hasani kemungkinan besar juga berasal dari Exco LIB. Penentuan sosok direktur utama serta tiga komisaris anyar LIB akan dilakukan di RUPS luar biasa selanjutnya yang rencananya dilaksanakan setelah Lebaran.

"Namun tidak harus ada tiga perwakilan PSSI di LIB," kata Hasani.

Baca juga: RUPS luar biasa LIB belum putuskan soal subsidi klub

Baca juga: Hasani sebut ada komisaris LIB yang ingin mundur

Baca juga: Komisaris: RUPS luar biasa LIB bahas enam agenda

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020