Jakarta,(ANTARA News) - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Republik Indonesia dan Kastam Diraja Malaysia menggelar Operasi Patroli Laut Terkoordinasi di Selat Malaka (Patkor Kastima) XV tahun 2009 yang berlangsung 21 Juli sampai dengan 4 Agustus 2009.

Keterangan tertulis Departemen Keuangan yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan, Patkor Kastima merupakan operasi rutin yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 1994.

Pembukaan Patkor Kastima tahun ini dilaksanakan di Tanjung Balai Karimun pada tanggal 19 - 21 Juli 2009, dan penutupannya akan dilaksanakan di Menara Kastam Johor, Malaysia pada tanggal 04 Agustus 2009 mendatang.

Operasi Patkor Kastima diharapkan dapat memberikan nilai dan kontribusi penting bagi kedua negara, antara lain untuk memperkuat kerja sama yang bersifat regional antara Kanwil Khusus Kepulauan Riau serta kanwil-kanwil lainnya yang berdekatan dengan Malaysia, selain kerjasama yang sudah dilakukan selama ini.

Selain itu, operasi ini diharapkan dapat meningkatkan performance Administrasi Pabean kedua negara sehingga dapat disejajarkan dengan Administrasi Pabean di dunia.

Hubungan kerjasama antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Republik Indonesia dengan Kastam Diraja Malaysia sudah berlangsung lama. Hubungan baik ini terjadi melalui beberapa pertemuan bilateral antara kedua instansi yang memiliki kewenangan tugas dalam bidang kepabeanan.

Dalam beberapa pertemuan muncul kesadaran bahwa Selat Malaka merupakan salah satu perairan yang sangat penting bagi perdagangan Indonesia dan Malaysia.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009