Banda Aceh (ANTARA News) - Mobil matic masih kurang diminati warga Kota Banda Aceh, sehingga penjualannya diperkirakan masih berkisar 3-5 persen dibandingkan mobil manual.

"Mobil matic memang masih belum begitu diminati di Aceh. Pembeli masih mencari yang manual," kata sales eksekutif PT Dunia Barusa dealer Toyota Aceh, Irfan Nash di Banda Aceh, Minggu.

Padahal menurutnya, mobil matic saat ini sudah menjadi pilihan masyarakat terutama di kota besar seperti Jakarta.

Dia mengatakan, saat ini yang paling diminati adalah mobil keluarga jenis Toyota Avanza karena harganya yang lebih rendah dibandingkan merek lain dan lebih irit bahan bakar.

Harga Toyota Avanza G Type saat ini sekitar Rp145 juta, sedangkan Innova menduduki peringkat kedua paling diminati dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Menurutnya, saat ini sekitar 30 pembeli masuk dalam daftar tunggu pemesanan mobil tersebut. Mereka harus menunggu 30 hari baru mendapatkan pesanan yang didatangkan dari Medan.

"Kalau mobil matic kita punya stok jenis Avanza, tapi pembeli banyak mencari Avanza manual meski harus indent selama 30 hari," katanya.

Selain Toyota Avanza G Type, New S-Type (1.5 S VVTi) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1500cc VVTi, Rear Parking Sensor, teknologi pengereman ABS serta Alloy 15" Velg Wheels juga menjadi incaran.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009