Jakarta (ANTARA) - Berpuasa di tengah pandemi virus corona baru (COVID-19) membuat kita harus ekstra memperhatikan dan menjaga kebugaran tubuh agar imunitas tetap terjaga.

Salah satu cara menjaga imunitas tubuh adalah dengan senantiasa aktif bergerak dan berolahraga. Tapi olah raga apa yang disarankan saat puasa di tengah pandemi?

Dokter Spesialis Kedokteran Olah raga Andhika Raspati ​​​​​menyarankan olah raga yang bisa dilakukan saat puasa di tengah pandemi adalah olahraga yang berintensitas rendah hingga sedang dengan durasi pendek.

"Penelitian memang menunjukan bahwa olah raga dengan intensitas tinggi dan durasi yang panjang dapat menurunkan imunitas," kata dr Andhika kepada ANTARA pada Sabtu.

Disarankan, olah raga dilakukan selama 30-45 menit dengan intensitas sedang.

"Pilihan olahraga cardio, bisa sepeda, jalan cepat, jogging santai, senam zumba, dan sebagainya. Tergantung keterlatihan dan kebiasaan orangnya," kata dia.

Senada dengan dr Andhika, dokter Spesialis Gizi Klinik dr Samuel Oetoro, Sp.GK menyarankan agar kita senantiasa tetap berolahraga meski sedang puasa di tengah pandemi.

"Olahraga cukup paling lama 30 menitan, jenisnya yang ringan, jangan berlebihan karena kalau olahraga intensitas tinggi justru akan menurunkan daya tahan tubuh," kata dia.

Disarankan berolahraga dilakukan 30 menit jelang berbuka puasa agar tubuh segar.

Baca juga: #dirumahaja, gerakan ringan ini jadi pengganti olahraga di gym

Baca juga: Warga Paris dilarang berolahraga di luar rumah

Baca juga: Latihan ini bisa perbaiki postur tubuh akibat duduk terlalu lama

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020