Jakarta (ANTARA) - Layanan transkripsi otomatis Otter.ai kini terintegrasi langsung ke aplikasi panggilan video Zoom untuk mentranskrip pembicaraan di rapat dengan cepat.

Selama rapat, siapa pun yang ada dalam panggilan tersebut dapat mengklik tombol "Otter.ai Live Transcript" di dalam jendela tampilan Zoom mereka untuk membuka catatan langsung rapat video di situs Otter.ai, dan peserta kemudian dapat langsung membubuhkan keterangan dengan cepat.

Baca juga: Zoom akan hadirkan fitur pelaporan peserta untuk admin rapat

Baca juga: India nyatakan Zoom tidak aman


Dikutip dari The Verge, Jumat, untuk menggunakan fitur baru tersebut, pengguna harus berlangganan Zoom Pro atau yang lebih tinggi, dan juga berlangganan Otter for Teams.

Langganan Otter dikenakan biaya 20 dolar AS atau sekitar Rp311 ribu, yang kini menawarkan dua bulan gratis dengan kode COVID19OTTER. Namun, jika tidak ingin berlangganan, Otter memiliki aplikasi yang dapat diunduh gratis.

Aplikasi Otter dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Dalam penggunaannya, aplikasi tersebut dapat merekam suara sekaligus mentranskrip pembicaraan yang disertai detail waktu kata-kata diungkapkan.

Dari yang dicoba Antara, hasil transkrip Otter memiliki tingkat keakuratan yang baik, namun sayangnya transkrip hanya dapat dilakukan untuk bahasa Inggris.

Baca juga: Zoom versi baru 5.0 hadir pekan ini, diklaim lebih aman

Baca juga: Zoom tingkatkan fitur enkripsi demi keamanan pengguna

Baca juga: Kemhan larang pegawainya gunakan aplikasi Zoom

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020