Jakarta (ANTARA) - Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Tak ada salahnya untuk mempersiapkan agar tubuh lebih siap berpuasa. Pakar nutrisi Devinder Bains, dilansir dari Arab News, Selasa, memberikan kiat agar tubuh mulai beradaptasi untuk mulai berpuasa sehingga transisi menjadi lebih mudah.

Lebih banyak minum air
Sepekan sebelum mulai berpuasa, tambah asupan air untuk memastikan tubuh betul-betul terhidrasi. Tambah satu atau dua gelas sehari dan kurangi tingkat dehidrasi yang akan dihadapi tubuh selama berpuasa.

Pangkas asupan kalori
Jangan tergiur untuk lahap menyantap banyak makanan dengan alasan aji mumpung sebelum mulai berpuasa, Anda justru harus melakukan yang sebaliknya. Tubuh justru akan terbiasa menyantap dalam porsi besar dan terus menginginkan kuantitas lebih banyak. Kurangi asupan kalori dengan mengganti hidangan tinggi lemak dengan pilihan tinggi protein agar tetap kenyang.

Baca juga: Jelang puasa, kurma "corona" laris manis di Mesir

Baca juga: Rumah produksi kalang kabut tuntaskan sinetron religi untuk Ramadhan


Kurangi kopi
Bila Anda mulai mengurangi asupan kopi sejak sebelum puasa, kesulitan untuk tak mengonsumsi kopi selama Ramadhan bisa lebih teratasi. Sama halnya dengan rokok, kurangi jumlah rokok yang dihisap mulai sekarang agar puasa jadi lebih mudah.

Mulai ganti pola tidur
Pasang alarm lebih awal setiap hari. Bila Anda biasa bangun pukul 5 pagi, coba ganti setengah jam lebih awal, dan ulangi menjadi lebih awal di keesokan harinya. Jangan lupa untuk tidur lebih cepat agar Anda tidak kesiangan. Perubahan pola tidur ini membantu agar bisa bangun pagi untuk sahur. Anda juga bisa mulai sarapan lebih pagi untuk membiasakan diri.

Jangan makan camilan
Bagi sebagian besar dari kita, tubuh terbiasa untuk makan tiga kali sehari, lengkap dengan camilan di sela-sela waktu. Jika Anda bisa menghentikan konsumsi camilan sebelum Ramadhan, tubuh juga mulai beradaptasi.

Baca juga: Salah satu alasan berat badan naik saat puasa Ramadhan

Baca juga: Perlukah suplemen selama Ramadhan?

Baca juga: Ramadhan segera tiba, persiapkan diri agar tak lemas saat puasa

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020