Jakarta (ANTARA) - Hampir sebulan sejak pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah, work from home (WFH), untuk memutus penyebaran virus corona.

Sejak berlaku kebijakan WFH, penggunaan aplikasi WhatsApp naik 40 persen di kalangan pengguna usia 18 sampai 34 tahun, menurut riset dari Kantar yang dikutip WhatsApp Indonesia, dalam keterangan pers, Kamis.

Berikut ini beberapa fitur di WhatsApp yang dapat digunakan untuk menunjang bekerja dari rumah atau work from home.

1. Tandai pesan penting
Ketika bekerja dari rumah, sebagian besar koordinasi mengenai pekerjaan dilakukan melalui aplikasi pesan instan karena tidak bisa bertemu langsung untuk sementara waktu.

Agar pesan-pesan penting tidak terlewat, tandai dengan fitur bintang baik untuk obrolan pribadi maupun di grup. Ketuk dan tahan pesan ingi ditandai, kemudian pilih ikon bintang. Cara ini juga berlaku untuk menandai pesan berupa lampiran foto dan dokumen.

Baca juga: Hati-hati kejahatan scam WhatsApp meningkat selama pandemik corona

Baca juga: WhatsApp sediakan pengecek fakta di Italia


2. Sesuaikan notifikasi
Saat sedang bekerja, pengguna bisa menerima banyak sekali notifikasi pesan WhatsApp yang masuk sehingga mungkin mengganggu konsentrasi.

Gunakan notifikasi khusus untuk grup atau obrolan pribadi sesuai dengan prioritas pengguna. Jika perlu, bisukan (mute) grup atau obrolan individu.

3. Sematkan obrolan
Grup kantor atau yang berkaitan dengan pekerjaan mungkin memerlukan respons yang lebih cepat selama periode bekerja dari rumah. Gunakan fitur untuk menyematkan obrolan sehingga kolom obrolan selalu berada di urutan teratas.

Ketuk dan tahan obrolan yang ingin disematkan, kemudian ketuk sematkan atau pinned, jendela obrolan akan selalu berada di urutan teratas.

Baca juga: Tips WhatsApp: Tak terlihat online saat WFH meski tetap balas pesan

Baca juga: WhatsApp akan batasi fitur "forward", hanya ke satu "chat"

Baca juga: Aplikasi-aplikasi populer selama #dirumahaja

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020