Jakarta (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia mengajak masyarakat memberi sumbangan gotong-royong melawan COVID-19 melalui MPR RI Peduli di Plaza Nusantara III, Komplek MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/4/2020).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan masyarakat pengguna Telkomsel bisa ikut berdonasi dengan mengetik *811# lalu pilih nominal donasi yang dipotong dari pulsa atau mengunjungi situs www.kitabisa.com/mprripeduli dan tulis jumlah angka yang akan didonasikan.

“Jika transaksi berhasil, otomatis (pemberitahuan) akan muncul di layar ponsel (handphone) anda. Selanjutnya, penyaluran dana anda secara berkala akan dilaporkan secara otomatis,” ujar politisi yang akrab disapa Bamsoet itu berdasarkan pernyataan yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Enam perusahaan garmen Korsel kirim 927 ribu APD ke BNPB

Dalam acara itu, MPR RI menggandeng Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, perusahaan swasta, dan organisasi sosial masyarakat untuk bersama peduli dan membantu masyarakat terdampak COVID-19.

Dalam kesempatan tersebut, Bamsoet, para Wakil Ketua MPR RI, anggota MPR RI, bahkan Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono ikut bersolidaritas menyumbangkan uang mereka, masing-masing puluhan juta, untuk membantu masyarakat terdampak wabah COVID-19.

Bamsoet mengatakan bahwa bangsa Indonesia sekarang sedang mengalami situasi sulit karena wabah COVID-19 yang belum bisa dikendalikan.

Baca juga: Kabupaten Bogor tetapkan 55 titik pengawasan PSBB

Untuk itu, dia mengajak kepada semua komponen bangsa untuk kompak dan solid menghadapi pandemi global COVID-19 yang telah menimbulkan dampak kerugian dalam berbagai bidang kehidupan.

Acara serupa juga pernah dilakukan oleh MPR RI dalam acara bertajuk 'MPR Peduli Fight Corona’​ pada Senin (23/3/2020).

Dalam acara tersebut, Pimpinan MPR RI menyerahkan bantuan 1.000 paket yang berisi beberapa masker, vitamin, jamu, cairan antiseptik, sarung tangan, serta beberapa paket lainnya yang semuanya merupakan sarana untuk mencegah penularan wabah COVID-19.

Baca juga: Gubernur: Jatim dapat kuota 15 ribu orang ikuti Kartu Prakerja

Pada hari selanjutnya, Bamsoet dan para Wakil Ketua MPR RI yakni Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Syarief Hasan, Jazilul Fawaid, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad, masing-masing memberikan sumbangan dan bantuan kepada masyarakat yang semua bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penularan COVID-19.

Agar kepedulian dari masyarakat lebih tergalang, dalam acara itu, Bamsoet mengajak kepada semua untuk berdonasi membangun solidaritas dan gotong-royong melawan COVID-19.

Untuk meringankan dan mencegah agar wabah tersebut tidak menular bahkan mampu dihilangkan, berbagai lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat terpanggil untuk peduli dalam berbagai aksi nyata.

Bamsoet mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut peduli dan mendukung apa yang telah dilakukan oleh MPR itu.

Baca juga: KPAI: Pendapatan orang tua semasa wabah COVID-19 titik rentan anak
Baca juga: Gugus Tugas: COVID-19 bencana nasional, data lebih transparan
Baca juga: Simulasi PSBB, masih banyak warga Bogor belum paham

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020