Kita masih perlu memperbaiki koordinasi dan masih membutuhkan negara lain
Jakarta (ANTARA) - Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippa Ann Amanta mendukung adanya upaya pemulihan ekonomi dengan mengedepankan semangat keterbukaan usai penyebaran COVID-19 berakhir.

Felippa dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, menyatakan Indonesia harus menunjukkan perubahan untuk masuk kembali ke arena perekonomian global dan bukan menutup diri.

Oleh karena itu, kebijakan yang dibentuk harus bisa mengembalikan perekonomian dan memperkuat ketahanan dari ancaman bencana.

"Untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi, peran Indonesia sebagai satu pemain dalam perekonomian global menjadi semakin esensial," ujarnya.

Menurut dia, kebijakan untuk mengundang aliran modal dan mendorong kinerja ekspor seperti omnibus law bisa menghilangkan anggapan bahwa Indonesia masih menganut paham proteksionisme.

Selanjutnya, upaya memperkuat ketahanan bencana juga penting karena penanganan dan pencegahan yang tepat dapat mendukung jalannya roda perekonomian.

Ia mencontohkan pemerintah dapat belajar dari pengadaan alat-alat kesehatan untuk COVID-19 yang sempat terhambat oleh birokrasi, padahal peralatan itu dibutuhkan dalam penanganan pasien.

"Pemerintah perlu meninjau proses birokrasi yang dikeluhkan terlalu panjang dan menghabiskan banyak waktu. Birokrasi ini selama pandemi COVID-19 berdampak langsung ke kesehatan dan manajemen bencana," ujarnya.

Demikian juga, tambah dia, masalah koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah yang sempat keruh di fase awal bencana.

Untuk itu, sudah seharusnya kebijakan yang ada mampu memfasilitasi kebutuhan secara tepat sehingga Indonesia bisa menikmati pertumbuhan ekonomi dan memperkuat ketahanan bencana.

"Setelah COVID-19 berlalu, Indonesia akan disadarkan bahwa kita masih perlu memperbaiki koordinasi dan masih membutuhkan negara lain," katanya.

Baca juga: Presiden ingatkan agar siap menghadapi potensi resesi ekonomi global
Baca juga: RUU Ciptaker dinilai langkah konkret pemulihan ekonomi pasca COVID-19
Baca juga: Hadapi dampak COVID-19 Pemerintah siapkan strategi ekonomi

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020