Manado (ANTARA) -
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggelar latihan penanggulangan dampak wabah COVID-19, di Manado, Senin.

Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas mengatakan pimpinan TNI telah mengeluarkan surat telegram tentang pedoman dalam menghadapi COVID-19 di lingkungan TNI.

Hal itu, menurut dia, dalam rangka mencegah dan meminimalkan penyebaran serta mengurangi risiko COVID-19 yang disebabkan mobilitas seluruh prajurit serta PNS dan keluarganya.

Baca juga: Lantamal VIII lakukan penyemprotan disiinfektan di KRI Fatahillah-361

"Dalam rangka melaksanakan kebijakan pemerintah melalui pimpinan TNI, Lantamal VIII melaksanakan latihan penanggulangan dampak wabah COVID-19 guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit yang andal dalam melaksanakan penanggulangan dampak wabah COVID-19 dan berdaya guna," katanya.

Ia mengatakan seluruh prajurit yang tergabung dalam latihan diperintahkan untuk benar-benar memahami materi agar pelaksanaan latihan penanggulangan dampak wabah COVID-19 di wilayah Lantamal VIII TA 2020 dapat berjalan dengan sukses.

Latihan dimulai dari cara pemakaian masker, alat pelindung diri (APD), menghadapi Orang Dalam Pemantauan (OPD), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), orang terinfeksi, dan cara pemakamannya.

Baca juga: Pencegahan penyebaran COVID-19 disosialisaskan Lantamal III

"Ingat latihan ini hanya lima hari, manfaatkan sebaik-baiknya serta laksanakan secara profesional," kata Danlantamal.

Ia mengimbau ibu-ibu Jalasenastri agar dapat mendukung latihan ini dengan latihan pembuatan masker maupun APD serta menjaga ketahanan pangan dengan baik.
Prajurit Lantamal VIII mengikuti latihan penanggulangan dampak wabah COVID-19 (ANTARA/Dispen Lantamal) (1)

Pada pembukaan latihan tersebut Danlantamal menyerahkan dua unit sepeda penjagaan serta pemberian masker kepada perwakilan Satuan Tugas Latihan Penanggulangan COVID-19 oleh Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalesenastri Armada (DJA) II, Rita Donar Philip Rompas.

Hadir pada kegiatan itu Wadan Lantamal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, pejabat utama Lantamal VIII, pengurus Korcab VIII DJA II.

Baca juga: Cegah COVID-19, TNI AL tingkatkan patroli di "jalur tikus"

Latihan penanggulangan dampak wabah COVID-19 di wilayah Lantamal VIII juga dilaksanakan secara serentak oleh Satrol Bitung, Yonmarhanlan VIII Bitung, RSAL dr. Wahyu Slamet Bitung serta Fasharkan Bitung, dan mengikuti acara pembukaan yang dilaksanakan di Mako Lantamal VIII secara online.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020